Tranformasi Layanan Perpustakaan Kabupaten Tangerang Melalui "TTBBD"

Foto : CAKRA BANTEN

Kabupaten Tangerang,- Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono meresmikan sekaligus launching “Tugu Titik Baca berbasis digital”  di Mall CiputraTangerang, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Jumat (23/11/2023). 

Dalam sambutannya, Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono mengapresiasi peluncuran titik baca digital, sebagai dukungan pemerintah bagi masyarakat Kabupaten Tangerang, dalam upaya meningkatkan kemampuan literas melalui layanan digital terhadap minat baca. Diharapkan berkontribusi terhadap upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,  dengan hadirnya teknologi digitalisasi, yang semakin memudahkan layanan perpustakaan. Khususnya dalam mendorong minat baca masyarakat.


"Tugu baca adalahpendekatan layanan perpustakaan kepada masyarakat, untuk mengakses buku bacaan secara elektronik  gratis. Saat ini dapat diakses dalam radius 300 meter dan tersedia 200 buku digital," ucapnya.


Menurut Bupati, hal ini merupakan salah satu strategi sekaligus wujud pelayanan publik bidang perpustakaan.  Harapannya, dengan berbagai inovasi, kemudahan yang disediakan ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Tangerang.


"Saya juga berharap, berbagai program dan kegiatan yang dijalankan di Kabupaten Tangerang untuk meningkatkan literasi, dapat dilaksanakan secara sinergis melalui pengaktifan peran pemerintah, lembaga pendidikan, perguruan tinggi, swasta, masyarakat, dan media," tuturnya.


Di akhir sambutan, Pj Bupati menegaskan kembali, Dinas Perpustakaan & Arsip telah mencoba melakukan transformasi layanan minat baca dengan pendekatan teknologi informasi. Karena hal itu sudah menjadi kebutuhan. Agar peran serta Perpustakaan & Arsip, bisa mengimbangi dinamikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Terutama peran digitalisasi yang semakin maju. Berbagai aplikasi telah diciptakan untuk memberikan layanan kemudahan bagi masyarakat.


Sebelum Pj Bupati meninggalkan arena acara launcing, Cakra Banten menanyakan penegasan urgensi dari kegiatan tersebut. Berikut dua statmennya. 


Pertama, keenganan masyarakat untuk memanfaatkan untuk datang ke perpustakaan, dengan hadirnya layanan perpustakaan digital yang tersebar di beberapa wilayah. Setidaknya bisa menjadi satu solusi, kini kita bisa mendapatkan layanan tidak harus datang ke Tigaraksa dan antri untuk mendapatkan layanan. 


Kedua,  pendekatan berbasis teknologi dengan hadirnya aplikasi memberi kemudahan masyarakat mencari informasi yang diperlukan. Apalagi pelajar dan mahasiswa, terobosan ini merupakan solusi tersendi. 


Di akhir pembicaraan Pj Bupati mengajak untuk meningkatkan kebiasaan membaca. Karena membaca semakin dimudahkan.  


Foto Wawancara Cakra Banten dengan Kepala Disperpusip (Dinas Perpustakaan & Arsip) Dra. Hj. Nurul Hayati, M.Si.


Sementara, Kepala Disperpusip (Dinas Perpustakaan & Arsip) Dra. Hj. Nurul Hayati, M.Si mengatakan, guna mendukung hal ini,  dan untuk upaya pemenuhan persebaran titik baca ke berbagai Kantor Kecamatan di Kabupaten Tangerang, maka pihaknya memfasilitasi melalui Tugu Baca.   


Ia menjelaskan, hanya dengan scan barkode menggunakan ponsel maka pengguna dapat mengakses buku dalam radius 300 meter secara digital. "Manfaatkan ini dengan sebaik-baiknya. Jaga agar program dan fasilitas ini dapat berlangsung lama dan memberikan manfaat yang maksimal," tukasnya.


Selain Lokasi penempatan Tugu Titik Baca Pertama berada di Mall Ciputra Tangerang, yang akan diletakkan di Gerai Pelayanan Publik.


"Kami Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Disperpusip, juga sudah menyediakan penempatan Tugu Titik Baca tahap awal ada di lima lokasi; Kecamatan Sepatan, Kecamatan Mauk, Kecamatan Kelapa Dua, dan Kecamatan Teluknaga," tutupnya.


Penulis : Edy Kusmaya / A Faisal

Editor : Admin


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama