Resensi Buku Oleh : Gita G. F. Thaharah, S.Sos, M.Si, Pustakawan Ahli Madya

cakrabanten.co.id - Resensi Buku 



Judul : Bila Masa tua Tiba
Penulis : Muhammad Yasir, Lc
Editor : Tim Al Kautsar
Penerbit : Pustaka Al Kautsar
Tahun Terbit : 2021
Jumlah Halaman : 240 
ISBN : 978-979-592-913-0


Setiap mahluk yang bernyawa, sesuai dengan perkembangan tumbuh kembangnya secara alamiah akan mengalami masa tua. Berdasarkan tahapan usia, kelahiran sampai baligh yaitu remaja (15 th) / remaja, dari masa baligh sampai akhir masa muda yaitu 35 th, dari masa muda sampai 50th yaitu masa dewasa, dari 50 th sampai 70 th sampai usia renta. 


Menurut Peraturan Presiden No 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional kelanjutusiaan, yang dimaksud dengan lanjut usia (lanjut usia) adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 th ke atas. Sebagian orang shaleh, bersyukur kepada Allah jika usianya disampaikan ke jenjang tua. Masa tua saat yang tepat untuk menghadirkan ketaatan dan kebaikan. Ibarat buah-buahan masa tua adalah masa siap panen (baik maupun buruk).


Umur merupakan hadiah terindah dari Allah, namun banyak dari manusia yang tidak peka memaknainya. Umur bukan tentang panjang atau banyaknya tapi tentang bagaimana mengisinya dengan kebaikan. Ada delapan (8) fakta umur yang banyak dilupakan manusia; 1. Umur itu Harta manusia yang paling sedikit, 2. Umur itu kumpulan detik ke menit, 3. Umur Umat Nabi anatar 60 – 70 Tahun, 4. Umur Umat terdahulu lebih Panjang, 5.Umur itu cepat berlalu, 6. Umur memiliki ujung, 7. Allah bersumpah dengan waktu, 8. Peristiwa terjadi Cuma sekali seumur hidup.


Banyak suri tauladan yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dari pelajaran hidup Beliau, juga nasehat – nasehat Beliau tentang bagaimana memperlakukan orang yang sudah tua dan hukum keberkahan dari umur, bagaimana kita menyikapi, menghadapi dan mempersiapkan masa tua. Sedikit ulasan tentang kiamat, sehingga mengingatkan kita untuk berbuat kebaikan di masa hidup sehingga kita dapat mengakhiri hidup dengan husnul khatimah.


Hal penting tersebut, bisa dibaca dalam buku ini - yang merupakan Best Seller dan pemenang IBF Award. Sangat baik untuk menjadi pedoman kita di masa tua, karena mengajak kita untuk merenungi keindahan masa tua dan menyelesaikan hidup dengan benar sebelum di panggil oleh Allah. 


Buku ini terbuat dari hard cover yang tebal dengan jahitan pada lembar bukunya namun tetap masih mudah rusak Ketika sedang dibaca shingga perlu perubahan desain pada cover buku.



Editor : Cakra Banten

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama