KARYA SISWA ; EKONOMI KREATIF SMK PGRI 31

Yang muda yang berkarya; Rechan, Zainul, Guruh, Riki , Attar Rado  Fauzi  Yasin kelas kelas 10 TKJ 1



Oleh: Rechan, Zainul, Guruh, Riki , Attar Rado Fauzi yasin



Tangerang, cakrabanten.co.id,- Ekonomi kreatif adalah sebuah kegiatan berusahaa atau berjualan dengan fokus ke dalam bidang kreatif, seperti membuat item-item kreatif yang dibuat dari bahan-bahan yg mudah di dapat. 


SMK PGRI 31 Legok, memiliki program Ekonomi Kreatif – namanya EK 31. Adapun produknya antara lain membuat beberapa karya seperti, gelang, rajutan, dll, 



Tim EK 31 juga memiliki jenis-jenis bidang seperti : 


Desain. Bidang ini dapat dikelompokkan menjadi berbagai cabang, termasuk desain produk, interior, grafis, dan sebagainya.


Hasil kreatif membuat tas dari bahan dan di hias dengan menggunakan sablon totol, salah satu produk kreativitas siswa SMK PGRI 31 Legok Tangerang Banten


Fashion. Jenis ekonomi kreatif yang selanjutnya adalah dalam sektor fashion yang mencakup aspek pembuatan pakaian, alas kaki, dan berbagai aksesori mode.


Pasar Seni. Dalam ekonomi kreatif, sektor pasar seni mencakup semua kegiatan yang terkait dengan perdagangan barang-barang unik, langka, otentik, dan memiliki nilai estetika tinggi.


Kerajinan. 

Jenis ekonomi kreatif selanjutnya adalah sektor kerajinan yang melibatkan berbagai tahapan mulai dari pembuatan, produksi, hingga distribusi produk yang dihasilkan oleh pengrajin. Produk yang dihasilkan dalam sektor ini umumnya memiliki nilai estetika yang tinggi Perfilman, Video, dan Fotografi. Sektor perfilman, video, dan fotografi adalah salah satu jenis ekonomi kreatif yang mencakup berbagai tahapan.


Hasil kreatif membuat  tas dari bahan dan di hias dengan menggunakan sablon totol, salah satu produk kreativitas siswa SMK PGRI 31 Legok Tangerang Banten


Eonomi kreatif memang harus di kembangkan di semua sekolah. Karna ini cukup melatih kreatifan siswa. Dalam membuat suatu karya seni baru dan juga ini melatih siswa untuk merasakan gimana rasanya berjualan dan menawarkan barang kepada konsumen di luar sana, membantu keuangan siswa untuk sekedar uang jajan. 


Saran untuk tim EK 31, terus melatih kreatifitas sehingga produknya akan lebih bagus dan bertambah. Bukan berarti barang sekarang jelek tapi biar ada warna baru di tim EK 31, juga menawarkann barang tim EK 31 ke sekolah lain atau membuat pamerann di SMK PGRI 31 yg menunjukkan kreasi hasil karya kreatif. 


Editor : Edi Kusmaya, Pimred Cakra Banten.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama