Sejarah Walikota Tangerang dari Masa ke Masa

Sejarah Wali Kota Tangerang



Tangerang, cakrabanten.co.id,- Kota Tangerang sebagai kota heterogen dengan keragaman etnis, budaya dan agama hadir di tengah-tengah masyarakat yang majemuk. Adanya perbedaan tersebutlah yang kini mampu menjadi kekuatan dalam mewujudkan Kota Tangerang yang satu di bawah bingkai akhlakul karimah.


Tak terasa, kini di tahun 2024 Kota Tangerang akan menginjak umur 31 tahun, tepatnya pada 28 Februari. Kemegahan Kota Tangerang sebagai kota, dahulunya tidak seperti saat ini. Kini, Kota Tangerang telah tumbuh menjadi kota yang penuh dengan gedung tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang signifikan.


Namun, taukah siapa pemimpin-pemimpin Kota Tangerang terdahulu yang menjadi catatan sejarah pertumbuhan Kota Tangerang hingga 31 tahun. Tercatat, sudah ada empat orang yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Tangerang.


Penasaran urutan Wali Kota Tangerang dari masa ke masa?


1. Djakaria Machmud 
Djakaria Machmud sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Administratif Tangerang yang ketiga. Ia mulai menjabat sejak tahun 1990 hingga 1993, di masa Kota Tangerang masih dalam bagian Kabupaten Tangerang.


Di tahun yang sama, yakni 1993 kembali terpilih sebagai Wali Kota Tangerang dengan masa jabatan hingga 1998. Pada moment tersebut, Kota Tangerang resmi berpisah dari Kabupaten Tangerang, sehingga statusnya berubah dari Kota Adminstratif menjadi Kota Madya. Bisa dikatakan, Pria kelahiran 1944 ini adalah wali kota pertama Kota Tangerang.


2. Mochammad Thamrin 
Usai masa jabatan Djakaria Machmud selama delapan tahun selesai, Pemerintah Kota Tangerang dipimpin oleh Mochammad Thamrin. Ia menjabat dengan periode tahun 1998 hingga 2023.


3. Wahidin Halim 
Selanjutnya, jabatan Wali Kota Tangerang diserahkan kepada Wahidin Halim. Ia merupakan seorang wirausahawan dan politisi yang menduduki jabatan sebagai Wali Kota Tangerang selama dua periode berturut-turut. Yakni periode I pada 2023 hingga 2008 dan periode II pada 2008 hingga 2013.


Selama menjabat, dunia pendidikan di Kota Tangerang meningkat tajam, mulai dari pembangunan fisik hingga kesejahgeraan guru.


4. Arief R Wismansyah 
Pasca 10 tahun dipimpin Wahidin Halim, estafet kepemimpinan Wali Kota Tangerang diserahkan ke Arief R Wismansyah. Pria yang merupakan pengusaha Rumah Sakit di Kota Tangerang. Pria kelahiran 23 April 1977 ini juga menjabat sebagai Wali Kota Tangerang selama dua periode. Yakni, periode I pada 2013 hingga 2018 dan periode II pada 2019 hingga 2023.


Selama menjabat 5 tahun sebagai Wakil Wali Kota bersama Wahidin Halim dan 10 tahun sebagai Wali Kota Tangerang, ragam sektor di Kota Tangerang pun meningkat. Mulai dari pembangunan fisik, pelayanan kesehatan, transportasi, UMKM hingga ragam bantuan untuk peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat Kota Tangerang. [Tim Cakrabanten/Red]

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama