Sekilas Pandang : Dampak Inisiatif Jasa Pengiriman Terhadap Pertumbuhan UMKM



Oleh : Hadi Santosa, SH., MM.
(Pengiat pendidikan, sosial budaya dan UMKM)




cakrabanten.co.id,- Semua pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa, tentu berusaha mengedepankan pelayanan yang maksimal, efektif dan efisien. Satu hal pasti, pelanggan menghendaki layanan prima melebihi harapannya. Salah satu perusahaan expedisi yang bergerak di bidang jasa pengiriman, yaitu J&T Express memiliki komitment bahwa layanan merupakan pondasi utama yang perlu diperkuat untuk menjadi landasan pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan. Tentu saja tumbuh dan berkembang bersama pelaku usaha lainnya.


Sejalan dengan menjamurnya bisnis e-commerce di Indonesia, merupakan peluang besar yang tidak disia-siakan oleh perusahaan jasa pengiriman. Dalam kaitan dengan hal ini, ditilik dari kiprah dan perkembagannya, jasa pengiriman J&T Express menurut hemat penulis lebih terdepan dibanding usaha sejenis yang lain.  Tak heran bila J&T Express lebih populer dan di andalkan masyarakat terelebih pelaku Usaha Mikro,  Kecil dan Menengan (UMKM). Apalagi J&T Express kini semakin melebarkan sayapnya untuk menjangkau dalam layanan kepada pelanggan, bukan hanya lingkup nasional tetapi juga internasional. Terdapat 4.600 titk operasi, 70 pusat distribusi / gateway tersebar di Indonesia. Di samping itu, 13 negara di dunia kini telah berada dalam jangkauannya, sebut saja : Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, Singapura, China, Uni Emirate Arab, Saudi Arabia, Meksiko, Brazil dan Mesir.


Di samping hal tersebut di atas, bila kita klik google dan bertanya tentang penghargaan yang telah diterima oleh jasa pengiriman J&T Express, sampai dengan penghujung tahun 2022 saja, sederet penghargaan yang merupakan prestasi bergengsi telah disematkan pada perusahaan tersebut.  Diantaranya, TOP Brand Award, Go Asean Award dan Most Creative Companie, Millenials Top Brand dan WOW Brand, Indonesia Most Engage Delivery Service Brand, Marketeers Youth’s Choice Brand of The Year dan Marketeer Editor’s Choice Award serta Mindful Company Award. Penghargaan-penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi terhadap keberadaan dan kontribusi perusahaan jasa pengiriman  J&T Express kepada masyarakat di samping mengikuti tumbuh dan berkembangnya UMKM di Indonesia. Tak ada kata yang paling tepat selain, “Wow, luaaar biasa !”. Tentu bukan tanpa alasan. 


Armada J&T Express siap mengantar dan mengamankan paket sampai ke tangan pemesan


Terlepas dari sekilas pandang tersebut di atas, apalah artinya keberadaan jasa pengiriman kalau tidak memberikan kontribusi bagi masyarakat dan atau pertumbuhan UMKM di Indonesia. Idealnya masing-masing harus bersinergi, yang pada gilirannya diharapkan mampu menjadi daya dorong untuk tumbuh kembangnya ekonomi Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bisnis sektor UMKM, salah satu diantaranya adalah jasa pengiriman, perannya sangat vital dan penting. 
Perusahaan jasa pengiriman yang tidak professional dan tidak mengedepankan kualitas layanan, cepat atau lambat akan layu sebelum tumbuh. Layanan pengiriman yang cepat dan aman tentu menjadi dambaan pelaku UMKM dan juga buyer-nya. Dengan demikian terdapat benang merah dampak inisiatif jasa pengiriman terhadap pertumbuhan UMKM. 


Dalam perkembangannya, saat ini sudah banyak jasa pengiriman yang ada di Indonesia. Siapapun yang berinisiatif mengelola jenis usaha kurier ekspedisi ini, Selain profit yang hendak didapat, tentu terdorong oleh keinginan mulia untuk mempermudah aktivitas pelaku bisnis. Jarak ratusan bahkan ribuan kilo meter dapat ditempuh seolah berjarak hanya sejengkal, tanpa kekhawatiran barang yang di kirim tidak sampai ke tempat tujuan dengan aman, tepat dan tidak salah alamat. Apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan bisnis online, menuntut manajemen jasa pengiriman untuk lebih meningkatkan kualitas layanan. Inovasi dan perubahan program layanan yang terus-menerus dan berbasis IT merupakan keniscayaan apabila tidak ingin tertinggal. Gedung kantor boleh saja sama, armada operasional boleh saja memiliki merek yang serupa, tetapi yang membedakan adalah program layanan dan kualitas mutu SDM-nya, yang akan menentukan maju-mundurnya sebuah usaha. Kualitas SDM unggul yang akan membawa perusahaan selalu menjadi terdepan sebagai pelopor dan bukan pengekor.


Sumber Daya Manusia yang handal dan profesional, menjamin barang dan kiriman aman dan sampai ke tujuan


Dengan semakin berkembangnya UMKM sebagai Critikal Engine perekonomian dan peran UMKM yang besar untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, bukan saja terhadap  PDB tetapi juga terhadap penyerapan tenaga kerja nasional, mendapat dukungan dari pemerintah. J&T Express yang saat ini di dukung lebih dari 47.000 SDM terlatih menangkap jeli peluang tersebut untuk menjadi mitra terpercara pertumbuhan UMKM.  
Penulis melihat bahwa perusahaan jasa pengiriman J&T Express, memiliki program layanan yang akan membuat semakin mempermudah pelaku UMKM menjangkau pelanggan, bukan saja di pelosok negeri tetapi juga mancanegara. Untuk mendorong kualitas layanan pengiriman di masa datang, J&T Express saat ini memiliki program layanan, diantaranya : Layanan EZ untuk pengiriman reguler, J&T Eco untuk layanan pengiriman yang ekonomis, J&T Super yang memberikan layanan premium dengan Service Level Egreement (SLA) cepat dan tepat dan J&T Internasional Standar Express untuk pengiriman ke luar negeri.  


Adalah Jet Lee & Tony Chen pendiri perusahaan jasa pengiriman yang kemudian terkenal dengan sebutan J&T Express yang berinisiatif untuk berkiprah dalam bisnis jasa pengiriman ini. Tak dapat di sangkal, perkembangannya sungguh pesat dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari seluruh penjuru lapisan, pemerintah, masyarakat, terlebih  pelaku UMKM. Perusahaan yang secara resmi didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015 di Jakarta tersebut, kini menjadi pelopor dan pemimpin utama pasar expedisi tanah air dengan jangkauan pengiriman ke seluruh penjuru negeri bahkan beberapa negara di dunia. Penulis yakin, perusahaan jasa pengiriman J&T Express akan terus berkiprah meningkatkan mutu layanan, mengembangkan berbagai kreativitas untuk melahirkan gagasan dan inisiatif serta  inovasi yang akan memberi kemudahan dan memenuhi harapan masyarakat cq. UMKM di Indonesia.



Selamat hari Pers Nasional 2024, Bandung, Pebruari 2024

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama