SINERGITAS ORGANISASI MENUJU INDONESIA EMAS

Edi Cahyadinata, S.Pd.,M.M 



Oleh : Edi Cahyadinata, S.Pd.,M.M 

(Wakil Sekretaris PGRI Kab. Tangerang)



cakrabanten.co.id,- SINERGI akan membangun kerjasama-kerjasama kreatif dengan cara menghormati perbedaan, membangun kekuatan dan mengkompensasikan kelemahan.



Dengan menggabungkan berbagai keahlian, ide, dan sumber daya, sinergi membantu menciptakan hasil yang lebih besar, daripada jumlah bagian-bagian individu. Sinergi adalah interaksi dua bagian yang bekerja sama, untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dari komponen aslinya.



Sinergi adalah suatu bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal. Syarat utama penciptaan sinergi yakni kepercayaan, komunikasi yang efektif, feedback yang cepat, dan kreatifitas.



Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Begitu pepatah lama mengatakan. Buktinya pun kita rasakan hingga sekarang, Kemerdekaan. Mungkin kalau para pendahu kita tempo doeloe yang beraneka ragam suku, agama, adat istiadat, budaya, social ekonomi dll – belum tentu tahun 1945 bisa merdeka. 



Betapa pentingnya bekerja sama. Banyak hal baik dari sebuah kerja sama, antara lain saling menguatkan dan saling mengisi kekurangan dan saling membelajarkan. Buah dari kersama akan melahirkan kekuatan baru, mewujudkan tujuan lebih memungkinkan daripada direalisasikan oleh sendiri atau satu lembaga. 



Fakta telah membuktikan, gabungan beberapa lembaga atau perusahaan akan melahirkan kekuatan yang akan diperhitungkan dengan competitor. 



Sinergitas berasal dari kata sinergi yang berarti melakukan kegiatan gabungan beberapa organisasi yang mempunyai pengaruh besar. Sinergi merupakan bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu yang optimal. Syarat utama penciptaan sinergi yakni kepercayaan, komunikasi yang efektif, feedback yang cepat, dan kreatifitas  Sementara organisasi adalah perserikatan orang atau sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati. Organisasi merupakan sebuah sistem terstruktur yang mengkoordinasikan usaha tertentu oleh suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan.



Suasana makan bersama selepas diskusi tipis-tipis antara PGRI, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ( MKKS ) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS).



Moment.


Dalam rangka menuju Indonesia emas, beberapa organisasi di Kabupaten Tangerang bersinergi dalam rangka mewujudkan cita cita dan tujuan bersama yakni meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Tangerang dan kesejahteraan para anggotanya.



PGRI Kabupaten Tangerang  merupakan organisasi profesi yang mewadahi para guru dalam rangka meningkatkan kompetensi dan peningkatan kesejahteraan. PGRI sebagai organisasi  profesi keguruan juga  memiliki fungsi sebagai pemersatu seluruh anggota profesi dalam kiprahnya menjalankan tugas keprofesiannya dan memiliki  fungsi peningkatan kemampuan professional 



Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ( MKKS ) merupakan wadah atau forum perkumpulan kepala sekolah jenjang SMP baik negeri maupun swasta. MKKS memiliki fungsi untuk Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam mengembangkan inovasi pendidikan pada sekolah yang dipimpinnya, Meningkatkan kemampuan dan kepekaan kepala sekolah dalam menjalin kerja sama dan kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan pendidikan.



Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) merupakan kelompok kerja bagi kepala sekolah jenjang sekolah dasar dalam rangka meningkatkan kompetensi, kesejahteraan serta  mutu pendidikan di sekitarnya. KKKS juga memiliki  fungsi untuk meningkatkan mutu, kemampuan, dan keterampilan kepemimpinan kepala sekolah jenjang sekolah dasar serta keterampilan manejerialnya dan keterampilan dalam memecahkan masalah yang belum terpecahkan oleh guru,  memecahkan masalah dari temuan hasil supervisi serta  melakukan koordinasi dengan pemangku kebijakan .



Dengan kesamaan beberapa fungsi dan manfaat  dari masing masing organisasi tersebut, maka ketiga organisasi di Kabupaten Tangerang bersinergi agar dalam rangka mencapai tujuan bersama bisa tercapai lebih efektif dan efisien. Sehingga dalam rangka mempererat komunikasi dan kebersamaan. buka puasa bersama dilakukan diawal bulan Ramadhan secara bersama  antara pengurus PGRI, MKKS dan KKKS Kabupaten Tangerang.



Salah satu hasil dari Sinergitas  antara MKKS dan KKKS Kabupaten Tangerang yakni peningkatan TPP kepala sekolah dan guru pada tahun 2023, yang diawali dengan kegiatan study tiru ke dinas pendidikan Kota Bandung sehingga salah satu fungsi peningkatan kesejahteraan anggota telah terlaksana dengan baik.



Dalam rangka melaksanakan programnya, bulan April 2024 KKKS Kabupaten Tangerang juga  akan melaksanakan workshop dalam rangka peningkatan kompetensi kepala sekolah secara menyeluruh, sehingga akan berimbas pada peningkatan mutu pendidikan Kabupaten Tangerang menuju  Indonesia Emas tahun 2045 tepat ketika Indonesia mencapai 100 tahun kemerdekaannya.   



Berfoto setelah bukber di Kantor Cakra Banten Jl. Lingkar Selatan Pemda Tigaraksa Kp. Tigarasa RT.01 RW.03 Desa Margasari Kecamatan Tigaraksa Tangerang Banten.



Cakra Banten.


Kini PGRI Kabupaten Tangerang telah, sedang dan akan terus membangun sinergi dengan Media Cakra Banten dan Universitas Pramita Indonesia Tangerang Banten. 



Kemampuan sekretaris bidang Informasi dan komunikasi dalam menulis dan ITE sangat diperlukan untuk menyebarluaskan tentang kegiatan PGRI di Cabang atau aktivitas sekolah  yang ada di wilayahnya masing masing.  



Untuk itu penggalian  potensi pada personal di bidang ini,  dengan bimbingan para narasumber dari Universitas Pramita dan PGRI Kabupaten Tangerang serta Media Cakra Banten, diharapkan akan mampu melahirkan karya-karya jurnalistik kreatif dan inovatif. 



Sinergi tiga lembaga ini akan menberikan manfaat kepada semuanya. Aktivitas PGRI, sekolah dan kegiatan lainnya akan terdokumentasikan dan terpublikasikan. Sehingga diharapkan banyak pihak yang akan memperoleh hal positif. Termasuk kemampuan menulis karya-karya jurnalistik dan karya tulis lainnya – bisa terpicu dan terpacu dengan baik. 



Bagi media Cakra Banten akan sangat terbantu dalam pendokuntasian  bahan atau tulisan, untuk diolah kemudian dipublis secara berkala. Begitu juga bagi Universitas Pramita, kegiatan akademik dan pengabdian masyaratkan akan bertambah semarak. Bisa juga dijadikan wahana praktek lapangan bagi mahasiswa untuk ambil bagian dari awal kegiatan ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama