SILO MINUMAN KESEHATAN KHAS SDN SIDOKO 1


Oleh : Edi Cahyadinata



SILO merupakan minuman ciri khas SDN Sidoko 1 yang terbuat dari bahan utama kembang teleng, lidah buaya, jahe, sereh dan jahe. SILO memiliki khasihat yang baik untuk kesehatan . Nama minuman khas SDN Sidoko 1 ini dicetuskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang , H. Dadan Gandana,S.STP.,M.Pd pada kegiatan kunjungan kedinasan pada hari Sabtu Tanggal 15 Juni 2024 didampingi oleh kasi Sarana Prasara , DR Yudi Nursapyudin,M.Pd , Camat Kecamatan Gunung Kaler Kurnia, S. STP.M.Si dan Ketua K3S Kecamatan Gunung Padeli, S.Pd.



Kepala SDN Sidoko 1 Edi Cahyadinata diawal tugasnya memiliki sebuah harapan memiliki minuman khusus yang disuguhkan kepada setiap tamu yang berkunjung ke sekolah . berawal dengan budi daya kembang teleng dan lidah buaya maka jadilah minuman tersebut yang merupakan minuman khas SDN sidoko 1.



Minuman khas ini pertama disuguhkan kepada wakil Sekretaris Jendral PB PGRI , Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd dan Penulis Nasional sekaligus Kepala SDN Mauk 2 Nia Kurniasih, S.Pd pada kegiatan lomba kelas sehat SDN Sidoko 1. Pada tanggal 20 Mei 2024.



Minuman khas ini berikutnya disuguhkan kepada Tiem verifikasi Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang dalam rangka memverifikasi Tenaga pendidik di SDN Sidoko1 pada tanggal 5 Juni 2024 , dan akhirnya pada kesempatan kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang yang didampingi oleh Kasi Sarana dan Prasarana serta Camat dan K3S Kecamatan Gunung Kaler nama SILO ini tercetus.



SILO merupakan minuman yang sangat bermanfaat dan sehat karena terbuat dari bahan bahan dasar yang memiliki khasiat yang luar biasa. Manfaat bahan dasar minuman tersebut adalah sebagai berikut :



Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan :


Menurunkan Demam.

Meredakan Gejala Alergi.

Menjaga Kesehatan Mata.

Melancarkan Sistem Pencernaan.

Mengontrol Tekanan Darah dan Gula Darah.

Mengatasi Masalah Pernapasan.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker



6 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan:

Mengobati sakit kepala.

Sembelit (Constantine

Kejang pada anak, kurang gizi (malnutrisi)

Batuk rejan (pertussis), muntah darah.

Kencing manis, wasir.

Peluruh haid. (dot)



8 Manfaat Batang sereh untuk kesehatan sebagai berikut :


Anti Kanker

Mengatasi Diabetes

Mengobati Anemia

Mengatasi Bakteri dan Jamur

Mengatasi Masuk Angin dan Perut Kembung

Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Menurunkan Kolesterol Jahat

Menguatkan Sistem Saraf

Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan Tubuh

Penjaga Kesehatan Usus yang Andal

Menjaga Kesehatan Jantung

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengatasi Masalah Pencernaan

Menyehatkan Kulit dan Rambut

Kontrol Gula Darah yang Efektif

Meningkatkan Kesuburan.



Disamping bahan bahan diatas untuk membuat hangat ditambahkan jahe yang memiliki manfaat terhadap saluran pencernaan, jahe juga berkhasiat membantu mengurangi nyeri pada beberapa kondisi penyakit, seperti radang sendi (osteoarthritis), nyeri akibat menstruasi (dismenore), dan nyeri punggung bawah (low back pain). Jahe juga dapat membantu meringankan sakit kepala seperti migraine.



Dengan tercetusnya nama minuman khas SDN Sidoko1 yakni SILO semoga kami warga sekolah mampu membudidayakan bahan baku dan mampu mengembangkan kewirausahan sekolah serta menjaga kesehatan baik warga sekolah maupun yang berkunjung ke SDN Sidoko 1.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama