BLKK Sirojul Athfal Segera Beroperasi, Lulusan Pesantren Siap Bersaing

Dok. Cakra Banten 


Kabupaten Tangerag,- Ada kabar baik bagi para alumni Pondok Pesantren Sirojul Athfal Cisoka atau masyarakat Kecamatan Cisoka dan sekitarnya, khususnya bagi alumni yang masih bersuia 17 tahun hingga maksial 24 tahun, dan belum menguasai keterampilan ilmu kompeter.



kini di Pondok Pesantren Sirojul Athfal Cisoka, Kampung. Cilaban, Desa Cibugel, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang telah berdiri Balai Latihan Kerja Komunitas Pesantren (BLKK) yang disediakan bagi para lulusan pesantren dan masyarakat di sekitarnya.



Bagi para lulusan pondok pesantren atau alumni yang berdimisili di wilayah Kecamatan Cisoka dan sekitarnya, yang ingin mengikuti pelatihan kerja di BLK, kesempatan baik ini bisa dimafaatkan sebaik-baiknya, karena untuk bisa mejadi peserta pelatihan komputer program kejuruan Teknik Informatika yang akan diajarkan oleh pihak pengelola tidak ditarik biaya alias gratis.



Perlu diketahui baersama, bagi yang mengikuti pelatihan kerja di BLK atau Balai Latihan Kerja di BLK Pondok Pesantren Siroju Althfal tidak harus mengeluarkan biaya untuk para peserta. Selain itu, manfaat lain dari mengikuti pelatihan di BLK adalah dapat menjadi bekal para peserta untuk memasuki dunia kerja.



Ketua Pelaksana Pembangunan BLKK Pondok Pesantren Sirojul Athfal, yang juga merupakan Ketua Komite di pondok pesantren tersebut, Heri Irawan, kepada juru warta Tabloid CAKRA Banten mengatakan, fungsi dari Balai Latihan Kerja adalah sebagai wadah kegiatan pelatihan tenaga kerja yang memiliki unit-unit pelatihan di dalamnya sebagai upaya mendukung calon tenaga kerja yang siap pakai serta berkualitas dan berkompeten, sehingga calon penerima kerja dapat bersaing dengan tenaga kerja yang lain, dapat membuka usaha sendiri dan mengurangi angka pengangguran.



Lebih lanjut Heri Irawan menerangkan, BLK Komunitas adalah unit pelatihan kerja yang dibangun pemerintah pada lembaga pendidikan keagamaan, lembaga keagamaan, dan komunitas pekerja dengan keahlian tertentu. Program ini bertujuan untuk mempermudah akses pelatihan dan memberikan keterampilan teknis berproduksi atau kejuruan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Peserta pelatihan adalah para calon pekerja di sekitar BLK Komunitas berada.



Terkait bantuan pengadaan program BLK Komunitas yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Sirojul Athfal, Heri menyatakan rasa syukur dan berterima kasih kepada Kementerian Tenaga Kerja Pusat, yang telah menunjuk pondok pesantren Sirfal Cisoka sebagai salah satu yang menerima prongram BLK Komunitas di Tahun 2023 ini.



“Kami sagnat bersyukur pondok pesantren kami terpilih sebagai penerima bantuan BLK Komunitas. Harapan kami ini bisa membantu meningkatkan Sumber Daya Manusia di wilayah Cisoka dan sekitarnya. Oleh karena peserta pelatihan dalam BLKK ini terbatas hanya 16 peserta, maka bagi para alumni yang ingin mengikuti pelatihan di BLK Pondok Pesantren Sirojul Athfal tidak boleh lambat saat mendaftar nanti,” tegas Heri Irawan, Senin (27/11/2023).



Ditambahkan, mengikuti program BLKK di Pondok Pesantren Sirojul Athfal, selain tidak ditarik biaya juga akan mendapat sertifikasi kompetensi sebagai tanda bahwa peserta kompeten. Pelatihan dibiayai oleh pemerintah alias gratis. Dan poin lainnya, manfaat mengikuti pelatihan di BLK tersebut bisa menjadi bekal masuk ke pasar kerja, wirausaha, serta meningkatkan kualitas dan produktivitas. (Kdr)







Editor : Redaksi Cakra Banten 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama