ADELIA ; Pencerita, Penulis Muda Berbakat dan Menginspirasi

Dok. Cakra Banten 


Oleh : Mugiarni 


Adelia gadis belia, anak cerdas berbakat dan aktif. Tinggal desa kecil di Kabupaten Tangerang. Selalu ingin belajar dan bejar hal-hal baru, menyukai seni terutama bercerita.


Sejak kecil, suka mendengarkan cerita dari orang tuanya. terutama yang penuh pesan moral dan inspirasi. Oya, satu lagi hobbynya membaca buku cerita. 


Ketika duduk di kelas 7 SMP, pernah mengikuti lomba bercerita tingkat Kabupaten Tangerang berhasil meraih juara 1. Kemenangan menjadi motivasi untuk terus mengasah kemampuan berceritanya.


Terus berlatih dan berlatih bercerita dengan sangat keras. Membaca banyak buku cerita dan menonton berbagai video yang berkaitan dengan cerita inspiratif. Kemampuannya, terus bertambah di bawah bimbingan dari Bu Mugiarni, guru pembimbing literasi.


Kerja kerasnya tidak sia-sia, berhasil meraih juara 1 lomba bercerita tingkat Kabupaten Tangerang. Tidak sampai disitu, Adelia juga terpilih untuk mengikuti acara bedah buku di perpustakaan umum kabupaten Tangerang.


Dalam acara bedah buku tersebut, mendapat kesempatan bercerita tentang pengalamannya menulis buku. Tidak lupa Ia juga berbagi tips untuk menjadi seorang pencerita yang baik.


Prestasi lain, berhasil menerbitkan tiga buku antologi. Buku-buku tersebut berisi cerita-cerita pendek yang ditulisnya sendiri. Ia berharap cerita-ceritanya dapat menginspirasi orang lain.


Melihat rekam jejaknya, Adelia termasuk sosok anak belia inspiratif bagi anak-anak muda di Indonesia. Ia membuktikan bahwa dengan kerja keras dan tekad yang kuat, semua hal dapat diraih.



Biografi.
Lahir di Tangerang tanggal 5 April 2012. Anak bungsu dari tiga bersaudara, ayahnya bekerja sebagai seorang wiraswasta dan ibunya sebagai ibu rumah tangga.


Bersekolah di SMP Negeri 5 Tigaraksa. Sangat menyukai pelajaran bahasa Indonesia, aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler seni, seperti teater dan tari.


Bercita cita-cita untuk menjadi seorang penulis dan pencerita professional, tekadnya ingin menginspirasi orang lain dengan cerita-ceritanya.


Prestasi.
Telah menerbitkan tiga buku antologi, yaitu; Literasi lintas sekolah, Anakku kaulah inspirasiku danKisah nyata menebar hikmah tak terlupakan. Pernah menulis cerita pendek yang dimuat di majalah anak-anak.





Pengalaman. 
Pernah mengikuti acara bedah buku di perpustakaan umum kabupaten Tangerang , tanggal 13 Oktober 2023. Dalam acara tersebut, Ia bercerita tentang pengalamannya menulis buku, juga berbagi tips pengalaman jadi seorang pencerita yang baik.


Adelia berpendapat, menulis buku sebuah proses yang panjang dan tidak mudah. Harus banyak membaca dan menulis untuk mengasah kemampuannya. Juga harus berani bereksperimen dengan berbagai gaya penulisan.


Gadis cantik ini juga berbagi tips, bagaimana menjadi seorang pencerita yang baik. Ia mengatakan, seorang pencerita harus memiliki keterampilan bercerita yang baik. Ia harus dapat menyampaikan cerita dengan jelas, menarik, dan menyentuh hati.


Adelia berharap, acara bedah buku tersebut mampu menginspirasi anak-anak muda untuk menulis dan bercerita. Ia ingin membuktikan, bahwa semua orang dapat menulis dan pencerita, asalkan memiliki tekad dan kerja keras. 





Editor : Edi Kusmaya






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama