Catatan Hasil Pelatihan:Pembuatan Nuget dan Samosa Berbahan Dasar Ikan di Kec. Panongan

Foto Peserta Kegiatan Pembinaan dan Pendamping Kelompok Pengolah dan Pemasaran.


Kabupaten Tangerang,- Sebagai salah satu binaan dinas perikanan, Kec Panongan terdiri dari 1 kelurahan dan 7 desa telah terbentuk kelompok pemijahan, pembudidaya ikan konsumsi dan ikan hias.


Namun sejak Covid menerjang Indonesia,  aktivitas dan usaha kelompok  UMKM ini  terkena imbas, termsuk semangat dan pasarnya. Bahkan pada badai Covid-19 melanda, aktivitas pergerakan kelompok nyaris mati suri. 


Setelah badai berlalu, kelompok ini mulai bangkit lagi, dengan segala keterbatasan yang ada. Melalui Ketua kelompok GAPPOKAN, terus melakukan konsolidasi ke dalam dan keluar. Terutama  melakukan komunikasi secara inten dengan pihak terkait, terutama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang. 


“Alhamdulillah pihak dinas pun mengerti dan mencari jalan keluar memberikan semangat kembali", tutur Suryati. 



Wujud perhatian sebagai komitmen, tepatnya  pada tanggal  1 Desember 2023 tepatnya  hari Selasa kami kelompok ini melakukan pelatihan. Dinas perikanan P Pohan, Hana selaku penyuluh KPP Ibu Novi dan Chef Fattoni Hadir, hadir dalam pelatihan tersebut. 


“Motifasi arahan di berikan, Chef Fatoni memberikan materi bagamana inovasi produk dari ikan. Beberapa hari yang lalu  kami praktek membuat Nuget dan Samosa berbahan dasar Ikan Tuna dan ikan lainnya. Alhamdulillah kelompok kami yang ikut pelatihan akan komitmen untuk produknya dan akan terus berinovasi supaya berfariasi dan menarik untuk di konsumsi”, Suryati menegaskan komitmennya kepada Cakra Banten. 


Menurut Yati disampaikan harapan dari dinas supaya apa yang  sudah diarahkan diberikan jadi motivasi terus.  Agar ada dampak setelah pelatihan, pihak dinas instansi terkait  akan memonitor perkembangannya. Sambil dilakukan pendampingan , termutama dalam soal legalitas usaha, kualitas  dan pemasaran produk. 


Pelatihan dihadiri sepuluh peserta, berlangsung di rumah Ketua Kelompok Yati sebagai rumah produksi. Kelompok ini, memang sudah memproduksi berbagai makanan cemilan. Jadi dengan adanya pelatiha akan bertambah lagi varian produksinya.




Editor : Edi Kusmaya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama