Catatan Kecil: SEMINAR MENULIS PGRI PANDEGLANG BANTEN

Dari Kiri, Kadis Sosial (Kabupaten Pandeglang ), Ketua PGRI Kab. Pandeglang, Kadisdik Kabupaten Tangerang, Catur Nurrochman Oktavian (Majalah Suara Guru PB PGRI), Meynia ( AGP PGRI)



Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) terus bergerak melayani anggota dalam peningkatan kompetensi. Satu bulan lalu (Sabtu, 21 Oktober 2023) PGRI Kabupaten Pandeglang bekerja sama dengan Majalah Suara Guru PB PGRI dan GTK Kemdikbud mengadakan "Seminar Literasi Menulis di Era Digital" dilaksanakan di Wisma PGRI Kabupaten Pandeglang Banten. Acara seminar tersebut dihadiri oleh sekitar 75 orang peserta, berasal dari perwakilan tiap kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Pandeglang.


Dalam suasana kekeluargaan, acara berlangsung cukup khidmat dan meriah dengan hadirnya Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Pandeglang, Dr. H Sutoto, S.Pd., M.Si, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Pandeglang, Hasan Bisri, S.E, M.Si., Sekretaris Umum PGRI Provinsi Banten, Syaifullah dan Ketua PGRI Kabupaten Pandeglang Hj. Yuskiah, M.Pd.


Ada yang menarik dan berbeda dari beberapa sambutan yang diberikan, di antaranya pembacaan shalawat oleh Ketua PGRI Kabupaten Pandeglang, dan pantun yang dibacakan oleh Kadisdik Kabupaten Pandeglang, sebagai penyemangat bagi peserta. Pantunnya sebagai berikut.


Pohon Jati ada dua
Pohon Jati ada di Telaga
Bergerak dan bersama
PGRI pasti bisa


Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa guru diharapkan dapat menjadi teladan dalam membaca dan menulis melalui kebiasaan membaca.
Pada kesempatan tersebut, Ketua PGRI Kabupaten Pandeglang menyampaikan bahwa untuk kegiatan Hari Ulang Tahun PGRI yang jatuh pada tanggal 25 November 2023, dilaksanakan di Cabang masing-masing, mengingat akan menghadapi pilkada dan Pilpres di tahun 2024.


Dilanjutkan dengan paparan materi yang disampaikan oleh Kadinsos Kabupaten Pandeglang, Jejen Musfah, Catur Nurrochman Oktavian, dan Nia Kurniasih. Materi yang disampaikan dalam seminar tersebut, yaitu Pentingnya literasi digital, Menulis Karya Ilmiah, Tips Menulis Opini, dan Menulis Berita/Features.


Para peserta semangat mengikuti kegiatan seminar ini hingga sore hari karena penyajian menarik yang disampaikan para narasumber diselingi praktik singkat tentang menulis. 


Seminar, dan Bimtek Menulis yang diadakan oleh Majalah Suara Guru ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya setelah sebelumnya diadakan pula di Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Tangerang. Diharapkan melalui kegiatan semacam ini, tumbuh kesadaran penguasaan keterampilan menulis di kalangan para guru. (Meynia)




Editor : Redaksi Cakra Banten

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama