Kades Munjul Serahkan Bantuan Peralatan Dan Modal Pertanian

Dok Cakra Banten.


Kabupaten Tangerang, CAKRA Banten,- Pekerjaan utama yang mesti diterapkan pemerintah daerah lakukan untuk memajukan pembangunan ekonomi di wilayahnya adalah melalui program pemberdayaan petani dengan berbagai jenis kegiatan pendidikan pelatihan dan pedampingan dalam penggalian potensi jaringan dan modal pertanian, agar proses pertanian bisa berjalan dengan normal dari hulu hingga hilir atau proses pertanian dari produksi pertanian hingga pemasaran dan pengolahan hasil pertanian yang terhubung di masyarakat dan pemerintah.



Kondisi yang ada saat ini, bahwa pada umumnya, program pembangunan pertanian yang dilaksanakan di suatu daerah belumlah sepenuhnya memperhatikan potensi-potensi yang dimiliki, baik potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya para petani. 



Untuk pengembangan potensi SDM, pemerintah daerah hendaknya membuka ruang yang lebih lebar terhadap keterlibatan petani secara aktif dan sukarela, dalam keseluruhan proses kegiatan, mulai dari pengambilan keputusan pada proses perencanaan, identifikasi potensi, masalah, kebutuhan dan lain-lain.



Presiden Smart Farm Academy, H. Riyadno, saat mendampingi Kelompok Tani Masyarakat Cinta Bumi (MCB), yang berlokasi di Desa Munjul Kecamatan Solear, Kab. Tangerang, dalam acara serah-terima penerimaan bantuan peralatan teknologi pertanian dari Kepala Desa Maunjul, sebagai bentuk dukungan Pemerintahan Desa Munjul dalam pelaksanaan, pengendalian serta pemanfaatan hasil-hasil pembangunan di sektor pertanian yang akan dicapai di Desa Munjul.



Riyadno menegaskan, untuk meningkatkan perekonomian di masayarakat pedesaan, potensi SDM petani seharusnya juga dikembangkan dengan baik dan terencana dengan konsep yang baik dan terstruktur,  agar lebih berkualitas, melalui pendidikan (formal dan non formal), peningkatan keterampilan dan wawasannya, sehingga dapat berperan aktif sebagai subyek dalam kegiatan-kegiatan pembangunan. 



Dia menambahkan, di setiap desa mestinya harus disediakan pusat pendidikan dan pelatihan pertanian, yang berfungsi untuk memberikan peran kepada petani sebagai subyek dalam pengembangan potensi daerah, secara bertahap akan dapat menumbuhkan kemandiriannya dalam mengelola usaha tani. Dengan kata lain, mereka bisa lebih mandiri dalam berusaha, tidak selalu mengharapkan bantuan dari pemerintah baru bekerja.




Jumat, Awal Desember 2023 lalu, di depan Kantor Desa Munjul, Kecamatan  Solear,  sekitar pukul 13.30 WIB, Kepala Desa Munjul , Wawan, atas nama Pemerintah Desa Munjul, sebagai bentuk suport dan dukungan kepada Kelompok Tani Masyarakat Cinta Bumi, menyerahkan Bantuan Alsintan berupa traktor kecil (kultivator) atau alat penggembur tanah kepada Komunitas Petani " Masyarakat Cinta Bumi" yang dikomadoin Riyan Rasyudin, petani muda asal Kampung Ranca Gede, Desa Munjul.



Selain bantuan kultivator, Kepala Desa Munjul juga memberikan dukungan pembiayaan bantuan berupa  modal usaha untuk membantu para petani dalam memenuhi kebutuhan sarana produksi  pertnian seperti  pembelian bibit dan pupuk.




Kepala Desa Munjul, Wawan, kepada Juru Warta CAKRA Banten menyampaikan, bantuan yang diberikan kepada Kelompok Tani MCB, merupakan tanggung jawab Kepala desa menjalankan amanah presiden untuk menganggarkan sebagian dari ApBdes untuk Ketahanan Pangan.



"Setelah melihat semangat para petani khususnya di Desa Munjul yang mulai membangunkan lahan tidur. Yang sudah berjalan setahun terakhir ini , dimana Masyarakat Cinta Bumi sudah menggarap kurang lebih satu hektare lahan tidur, dengan komoditas tanaman hortikultura seperti timun , kacang panjang dan buah buahan seperti jeruk KiP, dan pepaya kalifornia," tegas Wawan.



Kepala Desa Munjul juga berharap, dengan bantuan tersebut masyarakat petani di  desa Munjul  khususnya, tambah semangat dalam bertani sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga dan ekonomi masyarakat.



Riyan, selaku Ketua Kelompok Tani Masyarakat Cinta Bumi Desa Munjul, di sela acara pemeberian bantuan peralatan dan modal pertanian Pemerintahan Desa Munjul mengatakan, atas nama Kelompok Tani MCB, Ia bersama anggota kelompok tani yang dipimpinnya sangat berterima kasih kepada Kepala Desa Munjul yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap petani, dan berharap kepada Pemerintahan Desa Munjul untuk tetap terus mensupport petani agar lahan tidur dan masyarakat lebih produktif. (Kdr)



Editor : Redaksi Cakra Banten 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama