Kejaksaan Tinggi Banten Gelar Rapat Kerja Daerah (REKERDA) Tahun 2023


CAKRA Banten,- Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Dr. Didik Farkhan Alisyahdi secara resmi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di wilayah hukum kejaksaan Tinggi Banten (Kejati Banten).


Kegiatan Rakerda dihadiri Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Ahelya Abustam, SH. MH, para asisten, Kabag TU, para koordinator dan pejabat eselon IV pada Kejaksaan Tinggi Banten, yang berlangsung di Novus Ji a Resort Hotel Anyer, dihadiri oleh para Kepala Kejaksaan Negeri dan jajaran di wilayah satuan kerja (Satker) Kejati Banten.


Kegiatan Rapat Kerja Daerah ini berdasarkan surat Jaksa Agung Republik Indonesia nomor : B-162/A/Cr.2/12/2023 tanggal 20 November perihal Pelaksanaan Rapat Kerja Daerah Tahun 2023.


Kejati Banten Didik Farkhan Alisyahdi mengatakan, tujuan diadakannya Rakerda ini tidak lain adalah untuk mengevaluasi kinerja pada masing - masing satker dan proyeksi kebutuhan Rill pada Tahun 2025", ungkap Didik dalam sambutannya.


Selain evaluasi kinerja, lanjutnya dalam Rakerda ini juga turut dibahas persiapan - persiapan apa saja guna menghadapi tantangan menjelang Tahun 2024 mendatang.


"Selain mengevaluasi kinerja Kejaksaan pada satuan kerja Kejati Banten selama tahun 2023, juga mempersiapkan kebutuhan Rill tahun 2025 mendatang ", kata Kajati Banten.



Lebih lanjut Didik mengatakan, Berdasarkan Undang - Undang No 11 Tahun 2021 pasal 30A dalam Pemulihan aset, Kejaksaan berwenang melakukan kegiatan penelusuran, perampasan da pengembalian aset perolehan tindak pidana dan aset lainnya kepada negara, korban, atau yang berhak. Strategi dalam penyelamatan aset negara dapat menerapkan konsep Plea Barganing dan Deferred Prosecution Agreement (DPA) yaitu kewenangan yang ada pada jaksa untuk melakukan penuntutan, namun sepakat untuk tidak melakukan penuntutan dengan berbagai syarat dan kriteria tertentu.


Pada saat bersamaan juga di gelar acara Focus Group Discussion, dengan tema "Asas Legalitas dan Internalisasi yang hidup dalam masyarakat dalam hukum positif Indonesia, serta pelaksanaannya dalam masyarakat Baduy", narasumber Wakil kepala kejaksaan Tinggi Banten Ahelya Abustam, SH. MH dan Asisten Tindak Pidana Umum Kejati Banten.


Dalam kesempatan itu juga Kejati Banten menggelar kegiatan Focus Group Discussion, dengan tema "Strategi Penyelamatan Aset Negara Melalui Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi : Kajian Penerapan Konsep Plea Barganing dan Deferred Prosecution Agreement (DPA) pada Sistem Peradilan Pidana Indonesia", dengan narasumber Direktur Jendral Perundan - Undangan pada Kemenkumham RI Prof. Dr. Asep Nan Mulyana, SH. MH bersama Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Dr. Didik Farkhan Alisyahdi, Akademisi Fakultas Hukum Universitas Indonesia Dr. Febby Mutiara Nelson, SH. MH dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Dr. Rena Yulia, SH. MH.


Kajati Banten juga memberikan penghargaan kepada masing - masing Bidang maupun Satker atas kinerja yang telah dilakukan selama tahun 2023. (Red/Nbl)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama