Lingkungan 05/10 Kirana Gotong Royong Membangun Fasilitas Olahraga

Foto warga Kirana bergotong royong membangun fasilitas olahraga.


CAKRA Banten, Kab. Tangerang,- Gotong royong adalah suatu konsep sosial yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, konsep hidup bermasyarakat yang telah dicontohkan orang tua kita terdahulu, sebelum teknologi dan modernisasi memberikan dampak negatif yang banyak di masyarakat. 


Dalam kehidupan sehari-hari, gotong royong merupakan suatu kegiatan saling membantu dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas atau mengatasi masalah bersama.


Info redkasi CAKRA Banten kali ini, akan memberikan gambaran sekilas kekompakan warga masyarakat Perumaha Taman Kirana Surya, Desa Pasanggrahan, Kec. Solear, Tepatnya di lingkungan RT.05/RW. 10, yang Ketua lingkungannya diketuai oleh Endang Susilo, pengusaha air minum kesehatan dan penyedia peralan pesta. 


Diminta pendapatnya terkait keutamaan gotong-royong di masyarakat, yang dibandingkan dengan kekompakan di masa orang tua-orang tua kita dahulu dalam menjalankan kehidupan sosial di masyarakat. Endang Susilo, Ketua RT yang sudah menjabat dua periode ini menerangkan, Banyak manfaat dan dampak positif yang bisa dihasilkan sebagai buah manis dari sikap kerukunan masyarakat dan sikap toleransi di antara sesama.


Salah satunya adalah sifat suka bergotong-royong, dengan pembiasaangotong royong, masyarakat dapat mencapai tujuan bersama, meningkatkan kualitas hidup, dan memperkuat hubungan sosial antarwarga. Selain itu, apabila sikap gotong royong tetap terjaga di masyarakat akan dapat memperkuat rasa solidaritas dan kebersamaan di antara anggota masyarakat, tegas Endang Susilo.


Ditemui juru warta CAKRA di sela acara pembuatan lapangan olahraga di wilayahnya, RT Endang menyampaikan, untuk pembangunan infrastruktur jalan dan sarana ibadah dirasanya sudah terselenggara dengan baik, tinggal meningkatkan pada pembangunan sumberdaya manusia, untuk itu dibutuhkan ruang untuk bersatu dan berkumpul, maka salah satu alat persatuan selain masjid dan musholah sebagai tempat berkumpul di bidang keagamaan, dibutuhkan sarana olah raga yang harapannya bisa mempersatukan warga masyarakat yang lebih luas.
Oleh karena itu, Pengembang perumahan diharapkan dapat membangun sarana olahraga bagi para penghuninya.

Selain itu, pengembang juga diminta menjaga lingkungan di sekitar lokasi pembangunan perumahan agar tetap hijau dan nyaman untuk ditempati. 


“Saya megnharapkan para pengembang bisa membangun saran olahraga dalam setiap blok atau di setiap RW di lingkungan perumahan,” ujar RT Endang.


Endang menjelaskan, pembangunan sarana olahraga dibutuhkan sebagai salah satu fasilitas sosial yang harus ada di setiap lokasi perumahan. Meskipun sarana olahraga yang dibangun tidak terlalu luas, diharapkan masyarakat dapat menggunakan sarana itu dengan baik.
Diakui Endang, menjadi pengurus RT di wilayah RT 05 dirasa sangat mengesankan, dirasakannya, warganya baik-baik dan taa’t, asetiap ada kegiatan di warganya, para tetangga saling bahu-membahu membantu sesuai kemampuan yang bisa diberi. Demikian juga jika terjadi perselisihan atau ketegangan sesama warga, terasa mudah untuk di atasi, hal demikian karena model hidup bertoleransi sudah sangat terjaga di wilayah yang Ia pimpin.


Saat ditanya fasilitas apa yang akan dibangun di lahan yang lokasinya di Samping asjid Al Ikhlas tersebut, dan mendapat dukungan modal dari mana?


Endang menjelaskan, berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah wagra RT.05/RW. 10 Perum Kirana dan jama’ah Masjid Al-Ikhlas, lahan tidur tersebut akan dibuat lapangan voly dan lapangan bulu tangkis, sedangan biayanya bersumber dari Bantuan Provinsi Banten yang diinisiasi oleh salah seorang tokoh Kirana yang saat ini tengah mencalonkan diri sebagai Caleg Provinsi dari Partai Gelora.


“Mohon do’a dan dukungannya, semoga pekerjaan ini berjalan lancar dan memberi manfaat untuk masyarakat, dan jadi amal jariyah bagi pihak-pihak yang terlibat dalam pengerjaannya. Kami secara khusus sangat berterima kasih kepada donatur, yang telah mengusulkan bantuan pembagunan sarana olah raga ini, semoga kami bisa membalas kebaikan yang telah dimulai dengan program fasilitas pemberdayaan masyarakat ini,” pungkas Endang. (Kdr)



Editor : Redaksi Cakra Banten 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama