Sedekah Pangan Jum’at Kampus Smart Farm Academy

Sedekah Pangan Jum’at Kampus Smart Farm Academy


Kab. Tangerang, CAKRA Banten--Setiap makhluk hidup membutuhkan makan untuk bisa bertahan hidup dan bisa beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa makan sudah pasti perkembangan kehidupan dan organ kesehatan seseorang dan makhluk hidup akan terganggu. Bagi manusia, tampa adanya makanan cepat atau lambat kelaparan pun bisa mengancam nyawa seseorang. Allah SWT memerintahkan manusia untuk makan. Namun, tentunya tidak sembarang asal makan. Segala hal yang dimakan dan dimanfaatkan harus-lah halal dan baik yang harus kita pilih sebagai makanan kita sehari-hari.


Sang Khliq, Allah SWT, juga sangat menyukai umatNya yang memiliki sifat pemurah dan senang berbagi, salah satunya adalah berbagi makanan. Bahkan, wujud keislaman seseorang bisa dinilai dengan kebiasaan bersedekah dan memberi makanan. Bersedekah menjadi pertanda bahwa seorang muslim itu memiliki sifat peduli terhadap sesama. Ia tak Tidak hanya cukup memikirkan hidupnya sendiri, akan tetapi juga harus memikirkan kehidupan orang di sekitarnya. Khususnya terhadap orang-orang yang lemah secara ekonomi.



Komunitas pegiatan pertanian, Smart Farm Academy, Jum’at 22 Desember 2023, di Kampus Smart Farm Academy, Desa Tapos, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, mengadakan kegiatan Sedekah Pangan Jum’at kepada lebih dari 200 masyarakat dari sejumlah kecamatan dengan membagikan lebih dari 200 paket makanan sehat berupa sayur-sayuran sehat ditambah telur dan tempe, untuk membantu para keluarga petani dan kaum fakir miskin juga sebagai upaya mengedukasi masyarakat tentang ciri-ciri sayuran dan makanan sehat.
Presiden Smart Farm Academy, H. Riyadno, SE, saat memberikan sambutan pada acara Sedekah Pangan Jumat tersebut, Ia engatakan, dalam bersedekah, seorang Muslim dapat menunaikan sedekahnya dengan berbagai cara, salah satunya sedekah makanan. 


Di hadapan emak-emak dan petani binaannya H. Riyadno menerangkan, dalam sebuah hadits, salah satu keutamaan dari sedekah makanan adalah dapat masuk surga melalui pintu khusus.
Menurut H. Riyadno, sedekah makanan dilakukan dengan cara memberikan makanan kepada orang lain baik keluarga, kerabat, anak yatim, kaum dhuafa, dan orang-orang lain yang membutuhkannya. Tujuan dari sedekah Makanan, terang Dia, ialah agar tidak ada seseorang yang mengalami kesulitan mendapat asupan makanan yang baik untuk kesehatan.
Sedekah makanan, juga terang Presiden Smart Farm cademy yang telah mendirikan Kelompok Tani Binaan Smart Farm Academy di tujuh provinsi baik yang di Pulau Jawa juga sebagaian di Pulau Sumatera itu, sebagai salah satu sedekah terbaik yang dapat dikerjakan oleh seorang Muslim. 


Selain itu, terangnya, dalam islam juga terdapat beberapa anjuran mengeluarkan harta dalam bentuk makanan seperti halnya kurban, akikah, zakat fitrah, dan fidyah.


“Pada praktiknya, bagi bapak, ibu dan saudara sekalian yang hendak bersedekah makanan dapat mengeluarkan sedekahnya dalam berbagai bentuk seperti sedekah paket sembako, nasi bungkus, nasi box, ataupun menu sehat seperti buah-buahan. Memberikan makanan kepada orang lain yang membutuhkan merupakan amalan yang berpahala besar.” Terang H. Riyadno.



Hadir juga pada kegiatan Sedekah Pangan Sehat tersebut, Direktur Warung Smart Farm Academy Kecamatan Sepatan Timur, Muhamad Obo, di sela acara kegiatan pembagian Sedekah Pangan Sehat, kepada juru warta CAKRA Banten Ia mengatakan, bersedekah atau memberi makanan kepada orang yang membutuhkan merupakan amalan yang sangat bermanfaat tidak hanya menfaat bagi yang bersedekah harta pemberian yang dikeluarkan juga berdampak bagi penerimanya. Seorang yang menerima manfaat akan terhindar dari kelaparan dan merasa kenyang sehingga ia mampu beribadah dan menjalankan aktivitasnya dengan baik, terang Obo, yang juga merupakan Ketua Kelompok Tani Kampung Malang, Sepatan Timur tersebut. (Kdr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama