Smart Farm Academy IZI Panen Raya Buah Melon

Dok. Cakra Banten.



Kabupaten Tangerang, CAKRABanten,- Anggota kelompok tani dari sejumlah kelompok tani penerima manfaat bantuan modal pertanian Smart Farm Academy, Inisiatf Zakat Indonesia (IZI) Jum’at pagi, 2 Desember 2023, di Kampus Smart Farm Academy, Desa Tapos, Kecamatan Tigaraksa, Kab. Tangerang  juga merasa diuntungkan dengan adanya kegiatan panen raya buah melon dari demplot budidaya buah melon, Kampus Samrt Farm Academy. 


Pada saat panen raya buah melon tersebut, tampak kemampuan kelompok tani Desa Tapos (Poktan Suka Mukti), tampak bisa memproduksi buah melon yang cukup baik dan berkualitas, di mana buah melon yang dipanen ukurannya besar-besar bisa berukuran hingga tiga kilo gram per buah melonnya, sehingga harga jualnya juga akan stabil dan kebutuhan masyarakat.


Dalam pemasarannya akan mudah dilakukan, selain karena kualitas yang baik juga Kelompok Tani yang di bawah binaan Smart Farm Academy telah mendapatkan pelatihan dan pembinaan dalam membuat jaringan pemasarannya.


Mewakili Inisiati Zakat Indonesia Pusat, Ilham Romdoni, selaku Manager Pemerdayaan Ekonomi Dan Pendidikan IZI Pusat, turut hadir dan menyampaikan sambutannya dalam acara Panen Raya Buh Melon, di Demplot Budidaya Buah Melon, Kampus Smart Farm Academy, yang berlokasi di Desa Tapos, Kecamatan Tigrakasa, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. 


Dalam acara panen raya melon tersebut, tampak hadir Presiden Smart Farm Academy, sejumlah petinggi dari IZI Pusat, Divisi Zakat Funding Ritel Smart Farm Academy, Pemerintahan Desa Tapos, para anggota kelompok tani, penerima bantuan program dan modal pertanian Smart Farm Academy dari sejumlah kecamatan di Kab. Tangerang, serta para tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat dari Desa Tapos da sekitarnya.


Ilham Romdoni, Manager Pemerdayaan IZI Pusat dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Tangerang mempunyai poteni yang besar dibidang pertanian. Semangat warga dalam menanam melon perlu didorong karena mempunyai nilai tambah yang sangat potensial, di mana berdasarakan hasil panen yang diperoleh, kualitas buah melon bisa diproduksi dengan sangat baik, bisa berukuran berat timbangan satu hingga tiga kilogram per buah melon yang dihasilkan.


“Kita kedepan harus bisa menghasilkan produksi komoditas pertanian lain yang menjadi kebutuhan masyarakat lokal dan nasional, kita jangan mengandalkan kebutuhan pangan dari impor. Kolaborasi dan kontribusi harus kita tingkatkan, agar kita bisa membangun kekalahan dari segi tehnologi dengan idiologi. Karena manufacturing berbasis tehnologi sampai saat ini kita masih jauh tertinggal dengan daerah lain,” terang Ilham.



H. Udin, dalam sambutannya, mewakili Pemerintahan Dfesa Tapos, dalam sambutannya Ia sangat mengapresiasi keberadaan Kampus Smart Farm Academy yang didirikan di Wilayah Desa Tapos, Kecamatan Tigaraksa. Menurut H. Udin yang merupakan utusan Kades Tapos yang bertugas mencarikan lahan untuk Kampus Smart Farm Academy di desanya, Ia mengatakan, bayak sekali manfaat yang didapat masyarakat khususnya Pemerintah Desa Tapos dari keberadaan Kampus Smart Farm Academy tersebut.


“Alhamdulillah, desa kami dipilih untuk didirikan Kampus Smart Farm ini, banyak sekali dampak posutif yang kami rasakan dari kegiatan pertanian ini, selain lahan tidur yang selama ini tidak produktif, sekarang lokasi ini oleh para pemuda di bawah kepemimpinan Ali Imron, lahan ini jadi hidup, hampir setiap hari kedatangan tamu dari berbagai instansi dan masyarakat umum yang ingin belajar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pertanian,” tegas Udin.


Setelah menyimak sambutan dari pihak IZI Pusat di mana donatur dari PT. Paragon akan segera menambah sejumlah bangunan sebagai tempat penginapan dan pelatihan di area Kampus Smart Farm Academy, yang saat ini lahan tersebut hanya beukuran 2.000 M2.

H. Udin menyampaikan kerisauannya, karena akan semakin berkurang lahan yang bisa digunakan untuk demplot pertanian, karena itu Ia memohon kepada IZI dan Presiden Smart Farm Academy untuk bermusyawarah kembali kepada Pemerintah Desa dan Pemda agar mengusulkan peluasan lahan, agar semakin banyak pemuda-puma desa yang bisa didik dan dilatih dalam ilmu pertanian modern.


Pada sambutan singkatnya Presiden Smart Farm Academy, H. Riyadno, SE menyampaikan, kolaborasi, sinergi, kontribusi dan partisipasi mutlak untuk kita lakukan, dalam upaya peningkatan produktivitas dan kualitas pertaian yang maksimal. Pusat Pelatihan Pertanian semisal Kampus Smart Farm Academy didirikan sebagai wadah menyebarkan dan menyampaikan informasi teknologi berbasis agribisnis, selain mengajarkan sistem produksi pertanian yang baik, pusat pelatihan pertanian juga membimbing penerapan teknologi, mengembangkan metode pembelajaran melalui metode percontohan dan tak kalah penting membantu penyuluhan pertanian serta menumbuhkan spiritual pertanian.


Ketua Kelompok Tani Suka Mukti, selaku Pelaksanana Harian Kampus Smart Farm Academy Desa Tapos, Kec. Tigaraksa-Tangerang, Ali Imron menjelaskan, baru didirikan satu tahun, Kampus Smart Farm Academy keberadaannya sudah diketahui masyarakat luas tidak hanya bagi masyarakat Banten, banyak mahasiswa, perusahaan dan dinas pemerintah dari luar Kabupaten Tangerang yang sudah berkunjung dan melakukan survey dan studi banding di Kampus Smart Farm Academy, bahkan hasil-hasil pertanian yang mereka produksi sudah dipasarkan di sejumlah pasar induk dan pasar tradisional di Tangerang dan di luar Tangerang.


“Tidak kurang dari 500 pengunjung yang sudah menerima manfaat dari program Smart Farm Academy ini, kebanyakan mereka yang datang berasal dari komunitas seperti sekolah, mulai tingkat PAUD/TK, SD, SMP/SMA dan kampus-kampus dari Jabo detabek dan Bandung, bahkan dari luar Pulau Jawa yang ingin belajar sistem pertanian kepada kami,” terang Ali Imron.


Setelah usai acara sambutan-sambutan dalam acara Panen Raya tersebut, kegiatan di Pendopo Kampus Smart Farm Academy ditutup do’a yang dipimpi oelh Ust. Iyus, pimpinan Pondok Pesantren Lansia Baiturrohman dari Desa Panongan, yang diteruskan dengan simbolis panen raya melon, yang diikuti seluruh undangan yang hadir memetik sendiri-sendiri buah melon yang siap panen di demplot budidaya melon, yang lokasinya tidak jauh dari Joglo Kampus Smart Farm Academy tersebut. (Kdr)




Editor : Redaksi Cakra Banten 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama