Gambar Garuda dari susunan hurup arab, karya Ki Buyut Albatani Serang Banten

Gambar Burung Garuda Karya Ki Buyut Al batani Serang Banten



Gambar Burung Garuda Karya Ki Buyut Al batani Serang Banten. Ada yang unik, dan berbeda dengan gambar Burung Garuda lambing Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 


Dimana unik dan bedanya ? Unik, karena dibuat dengan rangkaian hurup Arab. Menurut si pembuatnya, Ki Buyut Albatani ; rakaian hurup Arab itu mempunyai makna.


“Kita sebagai umat Islam, selain harus tunduk pada aturan yang digariskan oleh Al-Quaran dan Hadis. Juga harus mengikuti aturan berbangsa dan bernegara. Antara lain berdasarkan kesepakatan para pendiri negeri ini, yaitu Undang-Uandang Dasar 45 yang di dalammnya ada Pancasila dan Simbol Negera Burung Gadusa”, tandasnya.


Menurutnya, Ia memperoleh sedikit keahlian tersebut – bukan dari sekolah atau ada guru yang mengajarinya. Tapi autodidak dan atas pertolongan dan ijin Allah. “Tidak ada yang sulit bagi Allah, jika harus terjadi. Maka terjadilah. Seperti sedikit keahlian yang saya miliki ini. Benar2 kehendak Allah SWT”, kembali ia menyakinkan.


Keahlian dan karya merupakan salah satu asset seni budaya yang bernuans kearipan local Banten. Oleh karenanya perlu support dan apresiasi dari pihak instansi terkait. Sehingga asset kearipan lokal Banten, bisa dilestarikan, bahkan dikembangkan menjadi potensi budaya sekaligus religi (Edi Kusmaya)




Editor : Redaksi Cakra Banten 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama