Gaya Bahasa Dadan



Oleh : Meynia 
(Kontributor Cakra Banten) 


cakrabanten.co id,- Setiap anak lahir “unik”. Anak lahir dengan membawa kodratnya sendiri. Setiap anak punya kelebihan dan kekurangan masing-masing serta memiliki bakat dan minat yang berbeda, meskipun tahap perkembangannya sama. 


Sebagai seorang pendidik, tugas gurulah mendidik serta menggali potensi positif yang mereka bawa sejak lahir, untuk dapat berkembang menjadi lebih baik dan berguna bagi diri juga lingkungan sekitarnya.


Dadan. Ya salah satu siswa yang punya keunikan – diantara temen sebayanya. Di hari Pramuka yang ke-62, saya sempatkan berbincang-bincang dengan dia tentang Pramuka. Menurutnya seorang Pramuka itu harus survive. Bertahan hidup di alam. Lucu juga anak kelas IV sudah tahu apa itu survive. He... Keren. 


Dadan memang kalau berbicara berbeda dengan teman-temannya. Dia selalu memakai kata-kata asing dengan bahasa tingkat tinggi, bagi sebagian anak di usianya. 


Menurut Dadan, kata-kata itu dia dapatkan melalui gawai milik orang tuanya. Pinter juga dia, sudah dapat memanfaatkan teknologi untuk belajar dan mempelajari sesuatu yang ingin dia ketahui. Pengetahuannya pun sudah lebih dari teman-temannya. Menurut guru kelas satu (Bu Ratna) Dadan memang sudah begitu sejak kelas satu. Kalau bercerita sering menggunakan istilah-istilah ilmiah.
Luar biasa Dadan, walau pun sebenarnya dia belum lancar membaca, tapi dia sudah pandai bercerita.


Anak seperti Dadan memang perlu perlakuan dan perhatian khusus dari guru. Pentingnya guru merefleksi dan umpan balik setiap proses pembelajaran yang telah dilakukan. Dapat mengetahui sejauh mana anak dapat menerima pelajaran, kekurangan-kekurangan saat memberikan pembelajaran dan apa yang perlu ditingkatkan agar proses pembelajaran lebih bermakna. 


Refleksi menjadi bahan bagi guru untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar telah tercapai serta diperolehnya informasi positif untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.
Selain itu, dengan pembelajaran berdiferensiasi yang sekarang ada di Kurikulum Merdeka dan umpan balik guru dapat dengan mudah menangani anak seperti Dadan yang cerdas tapi belum lancar membaca.


Semua wawancara dengan Dadan dapat anda lihat di channel YouTube Meynia : 

https://www.youtube.com/watch?v=a1DGZtvvxJw


Editor : Cakra Banten

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama