Harlah Ke-30 MAN 1 Tangerang, Harmoni Dalam Keberagamaan ; Membangun Karir, Meraih Masa Depan Gemilang

Siraturahmi Cakra dengan Kepala Sekolah MAN 1 Kabupaten Tangerang H. Kustiono, M.Pd.



cakrabanten.co.id,- MAN 1 Tangerang pada hari Rabu, 24 Januari 2024, menggelar acara Hari Lahir (Harlah) Madrasah yang ke 30. Acara tersebut diselenggarakan di lapangan MAN 1 Tangerang dengan memadukan unsur budaya yang ada di Indonesia, khususnya Banten. Demikian awal pembicaraan Cakra Banten dengan Kepsek MAN 1 Tangerang, H. Kustiono, M.Pd.


Menurut Kustiono, Harlah kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena diselenggarakan berbarengan dengan acara Edufair, yaitu pengenalan dan presentasi 15 kampus PTN dan PTS pada hari Kamis dan Jum'at setelahnya. 
Edufair sangat penting bagi siswa siswi kelas XII,  untuk mempermudah pilihannya ketika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. “Mereka tinggal empat bulan lagi akan menempuh perjalanan karir berikutnya”, tandas Kustiono.


Menurutnya tantangnya akan lebih berat lagi, dibandingkan dengan sewaktu mengikuti proses pembelajaran di SLTA. “Biarkan mereka mengenali mana kampusnya yang cocok dengan minat dan kemampuannya. Kemampuan intelektual maupun materi”, tutur Kustiono. 


Sesi foto bersama Harlah MAN 1 Ke 30 2024


Menurut Beliau, untuk memberikan spirit terutama bagi siswa kelas 12. Pihaknya mendatangkan motivator. Dendi Irawan, S.Pd.,M.Psi.,Kons – konselor, Self Improvement Trainer, Penulis Buku Best Selller (Menjadi Cahaya Dalam Kegelapan) dan Faunder Hallo Konselor Indonesia. 
Kepksek MAN 1 Tangerang berharap, “Kita semua; siswa dan guru terbangun lagi motivasinya untuk sukses. Dengan belajar dari seorang motivator yang mempunyai kekurangan fisik.


“Nah bagi kita yang Alhamdulillah diberikan nikmat normal harus bersyukur dan lebih smangat dan selalu optimis untuk berjuang”. 


Dr.H. Nanang Fatchurochman, S.H, S.Pd., M.Pd. Ka.Kanwil Depag Banten menantangani deklarasi antu bulying dan peluncuran buku P5 Kearipan lokal


Gelar Harlah berlangsung sangat meriah dan special -  merupakan acara seremonial hari lahir madrasah yang ke 30. Berbagai atraksi budaya tampil semarak antara lain; Tari Jaipong, Tari Cukin, penampilan kesenian tradisional khas Banten yaitu Barak Karinding, serta penampilan musik festival.  Siswa diberi kesempatan untuk ujuk kabisa talenta-talenta secara total, di bidang seni dan budaya. 


Tak ketinggalan bazar makanan tradisional dan internasional,  menambah semarak. Stan kuiner dilakukan oleh siswa-siswi MAN 1 Tangerang, sebagai bentuk penerapan pelajaran kewirausahaan dan kemampuan berbisnis. 


Rangkaian acara berlangsung selama tiga hari, Rabu sampai Jumat - diisi jugi diisi dengan berbagai lomba internal sekolah,  diantaranya lomba tari tradisional, lomba fashion show busana muslim dan muslimah. 


Momen sangat berarti karena Rabu, 24 Januari 2024, hadir Kepala Kementerian Agama Provinsi Banten yaitu Bapak Dr.H. Nanang Fatchurochman, S.H, S.Pd., M.Pd. Pada hari yang sama Beliau berkesempatan meresmikan gedung SBSN di MAN 1 Tangerang dan menandatangani deklarasi anti bullying serta menandatangani peluncuran buku P5 PPRA karya kelas X dengan tema Kearifan Lokal di Tigaraksa, Banten.


Salah satu moment Harlah ke-30 MAN 1 Kabupaten Tangerang


Di Kamis dan Jumat, tanggal 25 - 26 Januari 2024, acara Edufair sebagai rangkaian acara Harlah MAN 1 Tangerang - mengundang berbagai PTN dan PTS. Antusias berbagai kampus untuk mengikuti Edufair ini cukup tinggi baik swasta dan negeri, di antara kampus tersebut turut serta salah satu kampus PTN terbaik yaitu IPB. 


Acara utama, presentasi kampus-kampus yang dilakukan di Aula MAN 1 Tangerang. Selain presentasi, kampus yang mengikuti Edufair juga membuka stand informasi kampus yang bisa dikunjungi siswa-siswi MAN 1 Tangerang yang tertarik dengan kampus tersebut. 


Tiga hari rangkaian acara Harlah dan Edufair ini semoga bisa membuat MAN 1 Tangerang menjadi madrasah yang semakin bagus mencetak generasi muda yang berprestasi dan juga semakin dikenal di masyarakat karena lulusannya yang unggul dalam akhlaq serta pengetahuan. 


(putra)
Editor : Cakra Banten

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama