Outing Class ; Kebutuhan Murid, Bukan Kebutuhan Guru

Bibing Sudarman, S.Pd., M.Si, Ketua PGRI Kabupaten Tangerang 



Tangerang, cakrabanten.co.id,- Outing class adalah kegiatan pembelajaran di luar kelas bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi murid. Kegiatan ini dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti museum, taman, kebun binatang, atau tempat wisata lainnya.


Outing class dapat memberikan berbagai manfaat bagi murid, antara lain:


Pertama, meningkatkan motivasi belajar. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi murid. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dan memahami materi pelajaran.


Kedua, Mengembangkan keterampilan dan pengetahuan. Memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar tentang berbagai hal, baik yang berkaitan dengan mata pelajaran yang mereka pelajari maupun yang tidak. Hal ini dapat membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka secara holistik.


Ketiga, meningkatkan kreativitas dan imajinasi. Memberikan kesempatan kepada murid untuk berkreasi dan berimajinasi. Hal ini dapat membantu mereka untuk mengembangkan potensi diri mereka.


Berikut adalah beberapa contoh kegiatan outing class yang dapat dilakukan di sekolah. Antara lain kunjungan ke : 
Museum, dapat dilakukan untuk mempelajari sejarah, budaya, atau seni.
Taman, dapat dilakukan untuk mempelajari flora dan fauna.
Kebun binatang, dapat dilakukan untuk mempelajari berbagai jenis hewan.
Wisata alam, dapat dilakukan untuk mempelajari alam dan lingkungan sekitar.


Proses pembelajaran kunjungan siswa ke musium seni dan budaya Taman Mini Indonesia, sebagai salah satu bentuk  Outing Class


Outing class harus direncanakan dan dilaksanakan dengan baik agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi murid. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan dan melaksanakan outing class antara lain:


Tujuan outing class
Menentukan tujuan outing class sebelum merencanakannya. Tujuan ini akan membantu dalam menentukan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama outing class.


Materi pelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama outing class harus relevan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari oleh murid.
Keamanan dan keselamatan murid harus menjadi prioritas utama dalam merencanakan dan melaksanakan outing class.


Dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik, outing class dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi murid.


Kebutuhan Murid


Outing class adalah kebutuhan murid, bukan kebutuhan guru. Outing class memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar di luar kelas, mereka dapat mengeksplorasi lingkungan dan pengalaman baru. Hal ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka, serta meningkatkan motivasi belajar.


Ada beberapa alasan mengapa outing class dapat dianggap sebagai kebutuhan murid, antara lain:


Meningkatkan motivasi belajar, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi murid. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dan memahami materi pelajaran.


Mengembangkan keterampilan dan pengetahuan. Memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar tentang berbagai hal, baik yang berkaitan dengan mata pelajaran yang mereka pelajari maupun yang tidak. Hal ini dapat membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka secara holistik.


Meningkatkan kreativitas dan imajinasi. Memberikan kesempatan kepada murid untuk berkreasi dan berimajinasi. Hal ini dapat membantu mereka untuk mengembangkan potensi diri mereka. 


Lingkungan, baik fisik maun social merupakan salah satu media pembelajaran yang paling relefan dengan perkembangan individu dalam bersosialisasi dengan tepat. Mengapa lingkungan bisa dijadikan media pembelajaran, karena lingkungan tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia bisa juga dimanfaatkan sebagai pembelajaran sebagai pendidikan. Belajar tidak harus menggunakan buku sebagai media belajar kita bisa memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran. (Disarikan oleh Mugiarni ; Kontributor Cakra Banten)



Editor : Cakra Banten

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama