Tertipu Daya Oleh Handphone ?

Oleh: Shofiyah Ramadhani 
Siswi SMK PGRI Legok Tangerang Banten, Kls 10 TKJ 1



Tangerang, cakrabanten.co id,- Zaman sekarang, hampir semua remaja memiliki Handphone atau sering disingkat Hp. Ia merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki setiap orang dewasa, tak terkecuali para remaja. Tujuan utamanya untuk mencari informasi lewat internet, berkomunikasi dengan teman, ataupun eksis di media sosial. Jika seorang remaja tidak memiliki Hp maka ia akan dianggap kuno oleh teman- temannya sehingga hampir semua remaja memiliki Hp.


Hp diciptakan oleh Martin Copper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 3 April 1973. Awalnya diciptakan untuk mempermudah komunikasi dengan orang lain. Tetapi kini Hp digunakan bukan untuk alat komunikasi saja, mampu mencari informasi lewat internet, bermain game, mendengarkan musik, menonton film dan lain sebagainya. Saking banyaknya fungsi dari Hp sehingga membuat para remaja kecanduan dan berpengaruh terhadap kehidupannya.


Tentu kita semua tahu bahwa segala sesuatu pasti ada dampak positif maupun dampak negatif begitu pun Hp. Oleh karena itu, harus mampu mengendalikannya. Bukan sebaliknya kita dikendalikan oleh Hp. Dengan kata lain jangan sampai "tertipu daya oleh Hp".


Menjauhkan yang dekat - mendekatkan yang jauh. Dekat hanya fisik, tapi pikiran dan batinnya saling berjauhan


Teknologi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, semakin lama teknologi akan berkembang terus dan semakin mudah untuk dijangkau oleh masyarakat luas guna membantu mempermudah kegiatan manusia. Sejak pertama kali teknologi ditemukan hingga saat ini terus berkembang pesat. Banyak orang menjadi ketergantungan terhadap teknologi, sampai teknologi bisa menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Teknologi mampu membantu mempermudah kegiatan manusia dalam berbagai hal. Salah satu teknologi yang paling dekat dengan manusia adalah Hp atau ponsel.


Hp atau ponsel merupakan bentuk dari perkembangan teknologi yang paling banyak digunakan dan dapat memberi kemudahan penggunanya. Komunikasi dapat dilakukan dengan baik tanpa adanya tatap muka langsung. 


Apalagi dengan perkembangan internet saat ini semua bisa dijangkau tanpa ada batasan jarak. Semua orang dapat terhubung satu sama lain menggunakan internet, dengan berbagai platform media sosial. Selain untuk berkomunikasi, Hp juga digunakan untuk bekerja, belajar, dan mencari informasi atau berita. Keberadaan Hp menjadi kebutuhan dasar tersendiri bagi setiap masyarakat. Terdapat berbagai fitur aplikasi, yang berguna untuk menyimpan data penting pekerjaan. Bagi Sebagian orang Hp dapat dianggap sebagai asisten pribadi yang siap menerima tugas kapanpun dibutuhkannya.


Dampak positif Hp bagi kehidupan remaja antara lain: untuk berkomunikasi dengan teman maupun keluarga, mencari infomasi dari berbagai belahan dunia, menambah wawasan, menambah teman karena ada media sosial yang memungkinkan untuk berteman dengan berbagai orang di dunia, sebagai alat hitung untuk menggantikan kalkulator jika tidak memiliki kalkulator, mengambil gambar atau foto untuk bahan belajar dan untuk hiburan seperti mendengarkan musik, melihat film dan bermain game dan lain sebagainya. 


Hindari Hp (Image:illustration by google)


Selain memiliki dampak positif, Hp juga memiliki dampak negatif bagi remaja antara lain: mengganggu konsentrasi belajar karena selalu memikirkan Hp sehingga tidak fokus saat belajar disekolah maupun belajar dirumah. Mengurangi interaksi secara langsung dengan teman, keluarga karena Hp mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, mengurangi uang jajan karena biaya untuk membeli pulsa atau kuota lumayan mahal, membuat remaja menjadi malas melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga maupun melakukan pekerjaan dirumah misalnya mencuci baju, mencuci piring, dan menyapu karena jika sudah bermain Hp remaja akan asik sendiri dan malas melakukan kegiatan lain selain bermain Hp dan membentuk sifat hedonisme pada remaja. 


Selain itu Hp juga berbahaya bagi kesehatan remaja karena dapat merusak mata seperti mata kering hingga miopia atau rabun jauh, merusak tulang belakang karena kurang gerak dan lebih banyak duduk, mengganggu perkembangan remaja, gangguan pendengaran yang disebakan oleh headseat, gangguan tidur karena begadang untuk bermain game dan kanker yang disebabkan oleh radiasi Hp, selain menyebabkan kanker radiasi juga dapat menyebabkan sakit kepala. 


Hp adalah bentuk teknologi yang diciptakan untuk memudahkan komunikasi dengan orang lain yang seiring dengan perkembangan zaman fungsinya semakin bertambah seperti kamera, media sosial, kalkulator dan lain- lain. Hp memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan remaja tetapi dampak negatif Hp lebih dominan dari dampak positifnya jika dilihat dari segi finansial, sosial maupun kesehatan remaja.


Remaja sebaiknya harus lebih bijak menggunakan Hp-nya untuk kegiatan yang positif dan jangan terlalu sering menggunakan hanphone karena dapat membuat kita menjadi malas dan membahayakan kesehatan.



Catatan: Karya tulis siswa ini merupakan salah satu terbaik dalam ujian praktek menulis di SKM PGRI 31 Legok Tangerang Banten.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama