Pemkot Tangerang Bongkar Gapura Pasar Anyar

Pembongkaran Gapura Pasar Anyar



Tangerang, cakrabanten.co.id, - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus mengupayakan kelancaran proses relokasi pedagang untuk mendukung proyek revitalisasi Pasar Anyar. Salah satunya, Pemkot Tangerang telah melakukan penyekatan jalur di beberapa titik untuk membatasi mobilisasi aktivitas di Pasar Anyar selama beberapa hari mendatang.


Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Deni Koswara menuturkan, Pemkot Tangerang telah mengerahkan tim personil gabungan untuk menertibkan proses penyekatan jalur menuju Pasar Anyar. Beberapa titik lokasi penyekatan tersebut, meliputi Jalan H. Abdullah (titik utara), Jalan TMP Taruna-Jalan Pasar Anyar Selatan (titk timur), Jalan Kiasnawi-Stasiun Tangerang (titik barat), dan perempatan pintu selatan Pasar Anyar (titik selatan).


“Sesuai dengan skema proses relokasi yang telah disepakati bersama, kami telah melakukan penyekatan di empat titik jalur menuju Pasar Anyar. Hal ini dilakukan untuk membatasi aktivitas selama proses relokasi berjalan dalam beberapa hari mendatang,” ujar Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang, Deni Koswara, Selasa, (23/1/24).


Ia melanjutkan, Pemkot Tangerang telah menugaskan tim personil gabungan di setiap titik penyekatan yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan untuk membatasi arus mobilisasi aktivitas di Pasar Anyar, sekaligus menyediakan akses akomodasi berupa truk angkutan yang dapat dimanfaatkan para pedagang untuk merelokasi barang dagangan ke tempat relokasi sementara yang telah disediakan.


Pemkot Lakukan Sosialisasi Kepedagang Pasar Anyar


“Penyekatan ini semata-mata untuk meminimalisir distribusi arus kendaraan barang yang masuk ke area Pasar Anyar. Di sana, kami juga menempatkan para petugas untuk memberikan penawaran kepada para pedagang jika membutuhkan bantuan mobil untuk membawa barang-barangnya,” tambahnya.


Sebagai salah satu rangkaian sebelum melakukan revitalisasi Pasar Anyar, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama petugas gabungan yang terdiri dari DPUPR, Dishub, Satpol PP, Polres Metro Tangerang Kota, dan TNI melakukan perubuhan gapura Pasar Anyar, Selasa (23/01/24). 


Perubuhan gapura ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut setelah sebelumnya pada Senin 22 Januari 2024 malam, Pemkot Tangerang bersama petugas gabungan telah melakukan apel dan sosialisasi lanjutan kepada para pedagang untuk segera pindah ke lokasi sementara.


Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang, Deni Koswara mengungkapkan perubuhan gapura bermaksud agar mobilisasi kendaraan saat dilakukan revitalisasi Pasar Anyar dapat lebih mudah. Sehingga, kegiatan jual beli yang rutin dilakukan tidak terganggu karena Pemkot Tangerang telah menyediakan lokasi sementara.


“Dengan dirubuhkannya gapura, nanti akan mempermudah mobilisasi kendaraan yang akan keluar masuk wilayah Pasar Anyar. Semalam, kami juga sudah merangkul pedagang-pedagang yang masih berjualan di lingkungan Pasar Anyar untuk segera berpindah ke lokasi sementara yaitu Plaza Shinta. Kami tentu berharap agar relokasi segera rampung dan revitalisasi dapat segera dilaksanakan,” ungkapnya.

Aktifitas Pembongkaran Gapura Pasar Anyar


Ia melanjutkan, selanjutnya Pemkot Tangerang akan melakukan penutupan jalan di beberapa titik akses menuju Pasar Anyar. Titik-titik tersebut Jl. H. Abudllah, Jl. TMP Taruna-Jl. Pasar Anyar Selatan, Jl. Kiasnawi-St. Tangerang, dan Perempatan Pintu Selatan Pasar Anyar. Lalu, apabila para pedagang kesulitan untuk memindahkan dagangan ke lokasi sementara telah disediakan Mobil Si Jampang milik Perumda Pasar.


“Kami menyediakan mobil Si Jampang untuk membantu para pedagang untuk memindahkan dagangannya. Ini semua bukan demi kepentingan Pemkot Tangerang, tetapi untuk kenyamanan bagi seluruh pedagang dan pembeli di Pasar Anyar. Terlebih, khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kepada pedagang dan pembeli,” lanjutnya.


Deni berharap, para pedagang dapat segera pindah ke Plaza Shinta agar revitalisasi dapat segera dilakukan. Pemkot Tangerang juga terus mensosialisasikan informasi lokasi pasar sementara kepada masyarakat melalui berbagai media.


“Kami harap, revitalisasi ini segera dimulai agar seluruh masyarakat baik pedagang maupun pembeli merasa nyaman. Kami juga berharap seluruh masyarakat dapat membantu mensukseskan upaya relokasi dan revitalisasi ini dengan berbelanja di lokasi relokasi pedagang Pasar Anyar sementara,” harapnya. (Echo)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama