SDN Merak 2 Sukamulya Berupaya Membangun Budaya Hidup Sehat

SDN Merak 2 Sukamulya Berupaya Membangun Budaya Hidup Sehat 



Oleh : Hj. Humaeroh, S.Pd, M.M  



Tangerang, cakrabanten.co.id,- Membangun budaya sehat membutuhkan proses panjang, mulai dari keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Salah satunya bisa dimulai dari mencintai keberesihan diri dan lingkungan sekolah. Sebagaimana tersirat dan terurat dalam buku Ringkasan Ihya' Ulumuddin karya Imam al-Ghazali yang diterjemahkan oleh 'Abdul Rosyad Siddiq, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Bersuci itu merupakan sebagian dari iman." (HR Tirmidzi)

Membentuk karakter anak mencintai lingkungan, salah satu konsep berbagai upaya mengedepankan hidup sehat. Salah satunya Pembiasaan hidup sehat, mulai dari diri dan lingkungan dimana kita berada atau tinggal. Kedua menerapkan budaya hidup bersih di sekolah, dengan berbagai upaya agar anak biasa melakukan menjaga kebersihan dan hidup sehat. 


Salah satu pembiasaan cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir menggunakan fasilitas yang ada di sekolah.


Ketiga dengan dibuatnya jadwal piket, setiap siswa secara terstruktur mempunyai tanggung jawab untuk menjaga keberesihan kelas dan lingkungan sekolah. Keempat dibuatnya Selogan yang berkaitan dengan kebersihan. Conto dibuat slogan, “Keberesihan Bagian dari Iman”, kemudian dipasang didinding kelas yang setiap saat bisa terlihat dan dibaca. Berharap, menjadi pengingat dan spirit agar siswa dan semua pihak dapat membaca kemudian memprakteknya. 

Kelima setiap hari Senin dinamakan “Senin Sehat”. Selain membersihkan kelas, siswa setelah selesai upacara sebelum masuk ke kelasnya masing masing terlebih dahulu msing-masing siswa membersihkan sampah di halaman sekolah. Siswa wajib memungut sampah langsung dibuang ke tempat sampah.  

Setiap Jumat dibiasakan kegiatan Jumsih (Jumat Beresih). Setelah kegiatan rohis siswa bersama-sama membersihkan sampah di lingkungan sekolah. 

Semua pembiasaan tersebut, merupakan salah satu wujud upaya mewujudkan program "Gerakan Sekolah Menyenangkan”. Sekolah harus selalu dalam keadaan bersih indah dan sehat. Kondisi tersebut berharap dapat menciptakan siswa dapat belajar dengan menyenangkan.  


Secara rutin siswa memberesihkan halaman sekolah, suapaya terbiasa mencintai keberesihan dan keindahan lingkungan


Pembiasaan lainya yang dilakukan, mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun cuci tangan di wastapel sekolah. Buang hajat di sanisek yang terawat. Jajan di kantin sehat. 

Lingkunganbersih akan mempengaruhi kesehatan warga sekolah. Tak hanya itu kebersihan lingkungan sekolah juga dapat meningkatkan kinerja serta meningkatkan kualitas mutu pendidikan. 

Editor : Cakra Banten

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama