Milad Ke-2 Warung Smart Farm Kampung Malang; Obo Kolaborasi Mengajarkan Praktik-praktik Pertanian Modern

Warung Smart Farm Kampung Malang, 
Desa Gempolsari, Sepatan Timur.



cakrabanten.co.id, Kab. Tangerang,-Muhamad Obo adalah seorang petani muda yang lahir dan dibesarkan di Kampung Malang, Desa Gempolsari, Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang. Sebelum memilih untuk fokus pada pertanian, Muhamad Obo pernah menjabat sebagai seorang pemimpin (leader) di salah satu perusahaan yang cukup terkemuka. Namun, dorongan untuk memberikan kontribusi yang lebih langsung terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya mendorongnya untuk meninggalkan jabatan tersebut dan beralih menjadi petani.



Meskipun detail pendidikan formal Muhamad Obo tidak tersedia, namun pengalaman dan pengetahuannya dalam bidang pertanian telah terbukti melalui praktek dan dedikasinya dalam membangun Smart Farm Academy.



Muhamad Obo memiliki visi untuk memberdayakan masyarakat sekitarnya, terutama pemuda yang belum memiliki pekerjaan, mantan pengguna narkoba, mantan anggota komunitas anak punk, serta para janda dan fakir miskin. Untuk mewujudkan visi ini, dia membangunkan lahan-lahan tidur, pemuda-pemuda penganggur dan mengajak mereka untuk terlibat dalam kegiatan pertanian.



Muhamad Obo pada tahun 2019 tergerak bergabung dan mengikuti magang pertanian dalam wadah Smart Farm Academy sebagai pusat untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan sumber daya kepada masyarakat dalam bidang pertanian. Melalui academy ini, dia mengajarkan praktik-praktik pertanian modern, teknik bertani yang berkelanjutan, serta manajemen usaha pertanian.



Sebagai bagian dari upayanya dalam membangun ekosistem pertanian yang berkelanjutan, Muhamad Obo juga mendirikan Warung Smart Farm. Warung ini tidak hanya menjadi tempat untuk menjual produk-produk pertanian hasil dari kegiatan Smart Farm Academy, tetapi juga menjadi pusat pendidikan dan informasi bagi masyarakat sekitar mengenai pentingnya pertanian dan gaya hidup sehat.



Muhamad Obo turut terlibat menghantar pesanan sebagai upaya menjaga hubungan baik dengan mitra.



Muhamad Obo adalah contoh nyata dari individu yang memilih untuk memanfaatkan pengetahuannya dan bakatnya dalam pertanian untuk memberdayakan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Melalui inisiatifnya, ia telah mengubah lahan-lahan tidur menjadi ladang yang produktif dan memperkenalkan konsep pertanian modern kepada masyarakat setempat.



Menjadi keyakinan kuat bagi Muhamad Obo, bahwa dari zaman prasejarah hingga era modern saat ini, kegiatan berdagang telah menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Sejak zaman purba, manusia telah berdagang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan mencari rezeki. Aktivitas berdagang tidak hanya sekadar memperdagangkan barang atau jasa, tetapi juga menciptakan hubungan sosial, memfasilitasi pertukaran budaya, serta membentuk dasar ekonomi masyarakat.



Keyakinan bahwa adanya aktivitas perdagangan telah ada sejak manusia pertama kali, manusia mulai menukar barang-barang yang dimiliki dengan barang-barang dari wilayah lain yang mereka butuhkan, aktipitas tukar-menukar hasil tani tersebut mejadi ilham bagi Obo, yang merupakan Ketua Kelompok Tani Kampung Malang tersebut memilih untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dan kelompok tani lai dai berbagai daerah. Seiring dengan perkembangan teknologi dan penemuan rute perdagangan, aktivitas berdagang semakin berkembang pesat, membuka pintu bagi Obo dan kelompoknya untuk berinteraksi antarbudaya dan pertukaran ide-ide.



Dari perdagangan barter sederhana hingga sistem ekonomi global yang kompleks saat ini, Muhamad Obo dalam konsep berdagang telah mengalami transformasi yang signifikan. Belajar dari sejarah di berbagai zaman, manusia telah menggunakan berbagai jenis mata uang untuk memfasilitasi perdagangan, mulai dari barang berharga seperti gandum dan emas, hingga uang kertas dan kripto saat ini. Demikian juga Obo, guna mempertahankan kebrlanjutan Warung Smart Farm yang Ia bangun, Obo melakukan kerjasama dengan sejumlah instansi dan lembaga pemerintah agar bisa mendisribusikan hasil pertanian yang diproduksinya.



Dengan mendapatkan suport yang kuat dari Lembaga Amil Zakat terkemuka, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kampus Smart Farm Academy dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, khususnya Dinas Pertanian Kab. Tangerang, TNI dan Polri, konsep perdagangan Warung Smart Farm yang dikelola Obo juga telah membentuk pola-pola migrasi manusia dan pembentukan koneksi perdagangan yang makmur.



Direktur Warung Smart Farm bersilaturahmi dengan Kadis Sosial Kab. Tangerang.



Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan, kepada Juru warta CAKRA Banten mengatakan, Warung Smart Farm yang dimotori oleh Muhamad Obo bukan hanya sekadar aktivitas ekonomi, tetapi juga merupakan pekerjaan mulia yang membantu memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dikatakan Azis Gunawan, semenjak Ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Ka. Tangerang, dan Dia jugalah yang mendapat kesempatan membuka Launching Warung Smart Farm Academy Kampung Malang, Sepatan Timur yang didirikan oleh Obo tersebut, terang Azis Gunawan.



Menurut Aziz Gunawan, para petani dan pedagang yang dibina oleh Muhamad Obo tidak hanya menjalankan bisnis untuk keuntungan pribadi, tetapi juga memainkan peran penting dalam menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hasil pertanian dan perdagangan yang diperoleh Warung Smart Farm, tidak harus menunggu satu tahun akan dikeluarkan zakat dan infaqnya, namun sidah bukan rahasia lagi, bagi warga masyarakat sekitar, apa bila memiliki keuntungan yang lumayan besar, para fakir, miskin, duafa, wanita janda dan anak yatim selalu diagendakan penyalurannya oleh Obo sebagai Direktur Warung Smart Farm.



Di momen spesial ini, kami ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas dedikasi dan kerja keras yang telah Anda persembahkan dalam memajukan Warung Smart Farm. Melalui inisiatif ini, semakin banyak pemuda dan para janda yang mendapatkan bantuan serta pembinaan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.



“Kami ingin mengungkapkan apresiasi dan penghargaan yang besar atas kesosialan dan kedermawanan yang telah ditunjukkan Muhamad Obo dalam Warung Smart Farm yang dikelolanya. Upaya Obo dalam menyantuni dan membina para pemuda, janda, dan anak yatim di Desa Gempolsari dan sekitarnya telah menjadi sinar harapan bagi banyak orang. Keberadaan Warung Smart Farm bukan hanya sebagai tempat usaha, tetapi juga sebagai pusat kebaikan dan perubahan positif bagi komunitas,” ujar MenurutAzis Gunawan.



Dengan usia yang telah menginjak dua tahun Kadis Sosial tersebut mendoakan, semoga Warung Smart Farm terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat sekitar. “Mari bersama-sama berkontribusi untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi semua. Selamat ulang tahun yang kedua, semoga sukses selalu!



Di tempat terpisah, Camat Sepatan Timur, Miftah Shuritho SSTP, juga turut mengucapkan selamat Milad ke-dua tahun dan mendoakan Warung Smart Farm. Melalui kolaborasi yang semakin erat antara Warung Smart Farm dan pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Kecamatan Sepatan Timur, Camat Sepatan Timur tersebut meyakini dapat merancang lebih banyak program yang inovatif dan berdampak besar bagi kemajuan pertanian lokal dan kesejahteraan masyarakat. Dengan bekerja bersama, diharapkan dapat menciptakan solusi-solusi yang lebih efektif dan inklusif, serta meningkatkan akses masyarakat terhadap sumber daya dan teknologi pertanian yang berkualitas.



"Selamat Milad yang kedua, Warung Smart Farm! Hari ini merupakan tonggak bersejarah yang menggambarkan komitmen luar biasa kalian dalam memajukan pertanian lokal sambil memperjuangkan keberlanjutan lingkungan. Warung Smart Farm tidak hanya menjadi tempat bagi inovasi dan keberlanjutan, tetapi juga telah menjadi tonggak penting dalam upaya mendukung kesejahteraan masyarakat di wilayah kita,” harap Miftah.



Dengan hari ulang tahun ini, Camat Sepatan Timur menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan kerja keras Muhamad Obo, dalam menjadikan Warung Smart Farm sebagai model inspiratif bagi pertanian berkelanjutan dan berbasis teknologi. Kolaborasi yang telah terjalin antara Warung Smart Farm dan Pemerintah Kecamatan Sematan Timur telah membawa manfaat yang luar biasa bagi masyarakat.



“Saya berharap bahwa tahun ini akan menjadi awal dari kolaborasi yang semakin erat dan produktif antara Warung Smart Farm dan Pemerintah Kecamatan Sematan Timur. Mari terus berinovasi, berkolaborasi, dan berbagi pengetahuan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi pertanian lokal dan masyarakat kita. Selamat ulang tahun, Warung Smart Farm! Semoga keberhasilan kita menjadi cerminan dari upaya kita bersama dalam mewujudkan visi pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Terima kasih," pungkas Miftah Shuritho SSTP, Camat Sepatan Timur. (Awn)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama