Gebyar Ramadhan & Pesantren Kilat SMPN 3 Tigaraksa

Siswa SMPN 3 Tigaraksa



Kab. Tangerang, CAKRA Banten- Keberkahan bisa berjumpa dengan bulan suci Ramadhan diharapkan menjadi momentum pembinaan spiritual dan peningkatan karakter siswa di SMPN 3 Tigaraksa bisa semakin meningkat. Untuk upaya tersebut, Rohis SMPN 3 Tigaraksa menggelar acara Gebyar Ramadan dengan tema Pesantren Kilat. Acara ini bertujuan agar seluruh keluarga besar SMPN 3 Tigaraksa dapat memanfaatkan momentum bulan penuh berkah dan ampunan untuk meningkatkan keimanan dan kualitas ibadah mereka.



Dalam semangat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan 1445 H, keluarga besar SMPN 3 Tigaraksa menggelar kegiatan pesantren kilat yang melibatkan seluruh siswa dan siswi. Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas ibadah serta sebagai wahana pembelajaran pengamalan ibadah Ramadhan bagi siswa. Dengan didukung oleh Panitia Rohis yang dipimpin oleh Nina, S.Pd.I, dan anggota lainnya seperti Sundusiah, S.Pd.I, Nurlaela Febriani, S.Pd.I, Nasrullah J, S.Pd.I, serta Drs. Ridwan dan Dadan Setiawan, M.Pd, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kontinuitas ibadah di tengah kesibukan belajar mengajar.



Nasrullah J, S.pd.i. sebagai mentor pada kegiatan pesantren kilat d SMPN 3 Tigaraksa.



Menurut pernyataan dari salah satu panitia, Nasrullah, kegiatan pesantren kilat berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal dua hingga empat April 2024. Dalam kegiatan tersebut, para siswa dan siswi aktif mengikuti berbagai aktivitas ibadah, seperti sholat dhuha bersama, tadarus, serta mendengarkan ceramah yang membahas tentang tata cara tarawih dan momen penting seperti hari raya Idul Fitri.



Salah satu siswi yang bersemangat mengikuti kegiatan pesantren kilat ini adalah Devana, seorang siswi kelas 8 di SMPN 3 Tigaraksa. Ia menceritakan bagaimana kegiatan tersebut memberikan pengalaman berharga bagi dirinya dan rekan-rekannya. Dengan antusias, mereka berpartisipasi dalam setiap kegiatan dengan penuh kesungguhan dan semangat untuk memperdalam pemahaman akan ajaran agama serta meningkatkan ibadah mereka di bulan Ramadhan.

Dengan adanya kegiatan pesantren kilat ini, diharapkan para siswa dan siswi dapat memperoleh manfaat spiritual yang mendalam serta menguatkan ikatan keagamaan dan kebersamaan di lingkungan sekolah. Semangat ibadah dan kebersamaan yang tercipta dalam kegiatan ini diharapkan dapat membawa berkah bagi seluruh civitas akademika SMPN 3 Tigaraksa dalam menjalani bulan suci Ramadhan 1445 H.


Depana siswi  kls 8, ikut pada kegiatan sholat bersama, tadarus dan mendengarkan ceramah tentang tarawih dan hari raya Iedul Fitri.



Diharapkan, Ibadah



Ramadan di bulan penuh berkah dan ampunan, akan memberikan kita kesempatan yang berharga untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah, puasa, dan refleksi spiritual. Sebagai upaya untuk memperkuat ikatan spiritual siswa dengan agama Islam, SMPN 3 Tigaraksa dengan bangga telah menyelenggarakan Pesantren Kilat Ramadan.



Pesantren Kilat Ramadan bukan hanya sekadar sebuah acara rutin, tetapi merupakan kesempatan bagi siswa untuk mendalami nilai-nilai Islam, memperdalam pengetahuan agama, dan meningkatkan kualitas ibadah mereka. Selama berlangsungnya program ini, siswa telah dibimbing dan diajarkan oleh para ustaz dan ustazah yang ahli dalam bidangnya.



Tujuan utama dari pelaksanaan Pesantren Kilat Ramadan di SMPN 3 Tigaraksa adalah untuk meningkatkan kedisiplinan ibadah siswa selepas menjalankan ibadah puasa. Dengan memahami nilai-nilai agama yang diajarkan dalam pesantren kilat ini, diharapkan siswa dapat menjadikan Ramadan bukan hanya sebagai bulan berpuasa, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri dan meningkatkan ibadah mereka sepanjang tahun.



Selain memperdalam pengetahuan agama, siswa juga diajarkan tentang pentingnya kedisiplinan dalam menjalankan ibadah sehari-hari. Disiplin adalah kunci untuk menjaga konsistensi dalam beribadah, dan pesantren kilat ini telah memberikan pondasi yang kuat bagi siswa untuk melangkah maju dengan kedisiplinan yang tinggi dalam menjalankan ibadah mereka.



Sebagai penutup dari Pesantren Kilat Ramadan, marilah kita semua merenungkan perjalanan spiritual yang telah kita lalui selama bulan suci ini, tegas Nasrullah. Semoga apa yang telah dipelajari dan dialami di pesantren kilat ini dapat menjadi bekal berharga bagi siswa dalam perjalanan mereka untuk menjadi hamba Allah yang lebih taat dan berbakti.



Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, pembimbing, dan panitia atas kerjasama dan partisipasinya dalam acara ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi usaha kita semua dalam meniti jalan-Nya yang lurus, pungkasnya. (Kdr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama