Prestasi Guru Dibalik Aksi Nyata

Edi Cahyadi, S.Pd, MM, Kepala Sekolah SDN Sidoko 1
Kecamatan Gunung Kaler.



Oleh : Edi Cahyadinata



cakrabanten.co.id, Tangerang,- Guru-guru di Indonesia banyak yang memiliki prestasi yang luar biasa di balik aksi nyata mereka dalam dunia pendidikan. Mereka tidak hanya mengajar, tetapi juga terlibat dalam berbagai kegiatan dan pelatihan di Platform Merdeka Mengajar (PMM) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Salah satu contoh prestasi guru adalah pengalaman menjadi Guru Berprestasi Tingkat Nasional, seperti yang diungkapkan dalam artikel Success story pengalaman menjadi guru berprestasi tingkat nasional


Guru-guru di Indonesia aktif mengikuti pelatihan mandiri, seperti yang terdapat pada PMM. Platform ini memberikan kesempatan kepada para pendidik untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Terdapat 5 modul topik Merdeka Belajar, mencakup:


1. Mengenal diri dan peran sebagai pendidik

2. Mendidik dan mengajar

3. Mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh

4. Mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti

5. Pendidikan yang menghantarkan keselamatan dan kebahagiaan


Seorang guru berprestasi telah mampu merangkum pengalamannya dalam menyelesaikan modul pelatihan mandiri tersebut, sebagai aksi nyata untuk menularkan pengetahuan kepada rekan-rekan guru lainnya. Hal ini bertujuan agar para guru Indonesia semakin sadar akan peran mereka sebagai pendidik, pengajar, pembimbing serta pelatih dan termotivasi untuk terus mengembangkan dirinya sendiri


Modul 1, Mengenal Diri dan Peran Sebagai Pendidik, guru belajar tentang karakteristik diri sebagai pendidik serta pentingnya mengenali kekuatan dan kelemahan pribadi. Guru harus mampu memahami bagaimana memanfaatkan kekuatan dan mengelola kelemahan untuk mendidik murid dengan baik.


Pada masa Pandemi COVID-19 telah terbukti mendorong kolaborasi dalam pembelajaran secara online menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kolaborasi antar guru, siswa, dan stakeholder pendidikan menjadi penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.


Sehubungan dengan itu mari guru-guru hebat, terus kembangkan kompetensinya baik melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM), webinar atau workshop workshop yang dilaksakan baik secara online ataupun ofline, siswa Indonesia menunggu guru guru yang mampu merubah kompetensi mereka ke arah yang lebih baik lagi.Termasuk wawasan dan keterampilan menuangkan gagasan secara tertulis dengan berbagai genre karya tulisan; Artikel, Feature, Opini dll.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama