Apa Itu Guru Penggerak dan Manfaat Bagi Guru Honorer ?




Penulis : Tetep Bimbing Gunadi


cakrabanten.co.id,- Bagi insan pendidik pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah guru penggerak, mereka sudah banyak yang mengetahui apa itu guru penggerak, walaupun mungkin tidak semua para insan pendidik memahami secara rinci, tetapi istilah ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi mereka.



Namun istilah atau sebutan guru penggerak mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum terlebih masyarakat yang memang kurang begitu peduli dengan istilah istilah dunia pendidikan.



Tulisan ini hadir bertujuan sedikit memberi gambaran pada masyarakat yang ingin tahu tentang apa itu guru penggerak, Adapun sebagai sumber dari tulisan ini saya himpun dari beberapa sumber dan lebih dominan dari laman situs web yang membahas tentang guru penggerak.



Apa itu Guru penggerak ?


Guru penggerak adalah program yang dibuat pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru.


Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar.



Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.



Calon Guru Penggerak (CGP) harus mampu mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang menunjang pembelajaran. CGP mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang coach . Calon Guru Penggerak mampu menerapkan praktik coaching sebagai pemimpin pembelajaran.



Guru penggerak harus mampu merancang strategi pembelajaran yang efektif dan menarik. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, membuat konsep pembelajaran yang unik, serta mengembangkan keterampilan inovatif dan kreatif.



Syarat Calon Guru Penggerak : Calon guru penggerak harus memiliki akun guru di data pokok pendidikan (Dapodik),Kualifikasi Pendidikan: Minimal S1/D4. Pengalaman Mengajar: Calon harus memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun. Memiliki sisa masa kerja minimal 2 tahun sebelum pensiun;


Mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid.


Memiliki pengalaman mentoring/ pelatihan guru selama 1 tahun.



Manfaat guru penggerak bagi guru honorer ?


Bagi guru yang masih honorer, program Guru Penggerak memberikan peluang emas untuk meningkatkan status pekerjaan mereka. Dengan ikut serta dalam program ini, guru honorer dapat merasakan peningkatan gaji dan tunjangan, serta mendapatkan peluang pengembangan karir yang lebih baik untuk kedepannya.



Apa yang diharapkan dari Guru Penggerak ?


Guru penggerak memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Mereka memiliki tugas yang tidak hanya mengajar, tetapi juga memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat dan tekun.



Capaian Pembelajaran : Calon Guru Penggerak mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.



Calon Guru Penggerak mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.



Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.



Topik Pembelajaran, untuk Guru pengerak :Filosofi Pendidikan Indonesia, Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak, Membangun visi sekolah, Membangun budaya positif di sekolah, Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan. 



Saran Penulis : Bagi guru-guru yang memiliki dan bersyarat alangkah baiknya dapat mengikuti mencalonkan diri menjadi guru penggerak hal ini penting demi keprofesionalan bapak ibu bekerja sebagai pendidik. @tbg#

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama