Pentingnya Meningkatkan Jejak Prestasi Dan Motivasi Kepada Bawahan

Jejak Prestasi Siswa - Siswa SMPN 2 Mekar Baru, Kabupaten Tangerang - Banten



Kab. Tangerang, CAKRA Banten,- Drs. Suardi, M.Pd, kepala SMPN 2 Mekar Baru, dikenal sebagai seorang pemimpin yang piawai dan kaya ide dalam memajukan lembaga pendidikan yang ia pimpin. Kepemimpinannya ditandai dengan inovasi-inovasi yang mampu membawa sekolah ke arah yang lebih baik, baik dari segi akademik maupun non-akademik. Berbagai program unggulan dan kegiatan kreatif yang diinisiasi oleh Drs. Suardi selalu mampu meningkatkan semangat belajar siswa dan kualitas pendidikan di sekolah. Tak heran jika setiap sekolah yang pernah dipimpinnya mencatat prestasi gemilang dan diakui oleh masyarakat serta pemangku kepentingan pendidikan.



Karya-karya Drs. Suardi tidak hanya berhenti saat masa jabatannya berakhir, namun juga meninggalkan warisan yang berharga bagi para penerusnya. Di SMPN 2 Mekar Baru, misalnya, ia berhasil menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inovatif dengan fasilitas yang memadai, serta program-program pengembangan diri siswa yang berkelanjutan. Warisan ini menjadi modal berharga bagi kepala sekolah yang menggantikannya untuk terus mengembangkan dan mempertahankan prestasi sekolah. Dengan demikian, Drs. Suardi tidak hanya dikenal sebagai pemimpin yang kreatif dan inovatif, tetapi juga sebagai sosok yang visioner dan berdedikasi dalam dunia pendidikan.



Suardi, M.Pd, (tengah) berfoto bersama dewan Guru di SMPN 2 Mekarbaru.



Pada tanggal 18 Mei 2024, SMPN 2 Mekar Baru berhasil meraih juara harapan dalam ajang lomba Palang Merah Remaja (PMR) yang diselenggarakan oleh MAN 4 Kabupaten Tangerang dengan tema GEMPAR (Gempita Kepalang Merahan) ke IV. Prestasi ini merupakan bukti nyata dedikasi dan kerja keras siswa serta bimbingan intensif dari guru pembina, Sarbini, S.Pd.



Kegiatan PMR di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan karakter siswa. Melalui PMR, siswa belajar nilai-nilai kemanusiaan, kepedulian sosial, serta keterampilan pertolongan pertama yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan sosial kemasyarakatan yang diajarkan melalui ekstrakurikuler seperti PMR memberikan fondasi yang kuat bagi siswa dalam memahami dan menjalankan tanggung jawab mereka sebagai anggota masyarakat.



Dalam upaya membangun generasi yang peduli dan siap membantu sesama, kegiatan PMR juga mengajarkan siswa untuk bekerja sama dalam tim, meningkatkan kemampuan komunikasi, dan mengembangkan empati. Semua ini adalah keterampilan yang tidak hanya berguna di lingkungan sekolah, tetapi juga dalam kehidupan mereka di masa depan.



Prestasi Siswa SMPN 2 Mekar Baru Kabupaten Tangerang.



Kepala SMPN 2 Mekar Baru, Drs. Suardi, M.Pd, yang berdomisili di Tigaraksa ini memberikan apresiasi yang tinggi kepada Sarbini, S.Pd, selaku Pembina Ekskul PMR dan para siswa yang telah berjuang sepenuh tenaga membawa nama baik sekolah. Menurut beliau, apresiasi ini sangat penting untuk memotivasi para guru dan siswa dalam mencapai prestasi lebih tinggi. Beliau juga menekankan bahwa ekstrakurikuler seperti PMR sangat strategis diajarkan pada jenjang pendidikan menengah karena memberikan banyak manfaat bagi pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa.



Drs. Suardi, M.Pd, yang bertugas di ujung Utara Tangerang, sekolah berjarak sekitar 40 KM dari kediamannya tersebut, kepada juru warta CAKRA Banten menambahkan, dukungan dan apresiasi dari pihak sekolah bukan hanya bentuk penghargaan atas kerja keras, tetapi juga sebagai sumber motivasi bagi para siswa dan guru untuk terus berprestasi. Dengan adanya apresiasi ini, diharapkan semangat para siswa dan guru dalam mengikuti dan membimbing kegiatan ekstrakurikuler semakin meningkat, sehingga dapat mencetak lebih banyak lagi prestasi di masa mendatang.



Kesuksesan SMPN 2 Mekar Baru dalam ajang GEMPAR ke IV MAN 4 Kabupaten Tangerang menunjukkan bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan dukungan yang tepat, prestasi tinggi dapat diraih. Semoga prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk lebih giat mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat bagi siswa.(Kdr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama