7 Kasus Penyakit Kusta Terdeteksi di Puskesmas Balaraja

Foto ilustrasi Kasus penyakit kusta



cakrabanten.co.id, Tangerang,- Puskesmas Balaraja Kabupaten Tangerang mendeteksi 7 kasus baru penyakit kusta atau penyakit kulit. Penemuan penyakit yang mengalami benjolan tersebut ditemukan di Kecamatan Balaraja.



Kepala Puskesmas Balaraja, Ai Siti Zakiyah mengatakan 7 kasus saat ini masih dalam penanganan pengobatan Puskesmas.



“Tujuh orang masih dalam pengobatan kita, semoga tidak ada penambahan pengidap penyakit yang sama,” ujar Ai Siti Zakiyah kepada awak media Jumat, (7/6/2024).



Pengakuan Siti, penderita kusta dari hasil pemeriksaan program kulit yang dilaksanakan Puskesmas ke beberapa desa di wilayahnya.



“Penderita ini ditemukan dibeberapa desa dikita,” ungkapnya.



Ketika ditemukan, penderita penyakit kusta itu tidak sadar jika penyakit kulit yang menyerupai jamur itu adalah kusta. “Kelainan kulit yang tanpa disadari masyarakat karena bentuknya mirip penyakit kulit jamur, tapi tidak berasa karena mengenai syaraf,” ucapnya.



Warga mengabaikan penyakit itu karena merasa tidak menganggu, tidak merasa sakit atau gatal.



“Setelah petugas kami lakukan pemeriksaan menyeluruh ternyata penyakit kulit yang mereka anggap biasa itu adalah kusta,” ucapnya.



Setelah mengetahui ada warga yang menderita kusta, petugas Puskesmas melakukan pemeriksaan orang terdekat penderita seperti keluarga.



Hingga kini, kata Siti, Puskesmas Balaraja terus melakukan penjaringan kelainan kulit terhadap warga untuk menemukan lebih banyak lagi warga yang terkena kusta.



“Semakin banyak penyakit kusta ditemukan semakin baik, bukan aib,” pungkasnya. ***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama