Disiplin Modal Utama Mendidik Siswa SMKN 10 Kab Tangerang Kejenjang Karir

Dok Cakra Banten 


Oleh : Suwendi, S.T 
"KAPRODI Airframe and Powerplant"
(Guru SMK Negeri 10 Kabupaten Tangerang) 



SMK Negeri 10 Kabupaten Tangerang dengan Program Keahliah Teknologi Pesawat Udara dan Kompetensi Keahlian Airframe and Powerplant atau yang lebih dikenal dengan istilah Penerbangan.


Pada tingkat X (Sepuluh) peserta didik kami berikan pembelajaran Muatan Nasional, Muatan 
Kewilayahan dan Produktif Basic Aircraft Technical and Knowledge. Terkait pengenalan dasar pada Pesawat Terbang seperti Theory of Flight, Struktur Pesawat Terbang, Gas Turbine Engine, Human Factor, Aerodynamic, Flight Control.


Pada Teori dan Praktik Dasar dan juga terkait Keterampilan Dasar yang akan melatih peserta didik untuk memahami Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta penggunaan tools (hands tools dan juga power tools). 


Lebih spesifik di tingkat XI (Sebelas) dan XII (Dua belas). Peserta didik akan mempelajari Struktur Pesawat Terbang, Sistem Pesawat Terbang, Gas Turbine Engine, Piston Engine dan Maintenance Practice serta. Selain pada pengetahuan peserta didik juga dilatih dalam hal Keterampilan dengan adanya Praktik di Sekolah dengan Fasilitas Pesawat Gelatik, Gas Turbine Engine dan General Work Shop.  


Pada tingkat XI (Sebelas) Peserta didik melakukan On The Job Training (OJT) atau Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) seperti yang dilakukan pada bulan Oktober 2022, sebanyak 42 Peserta didik SMKN 10 Kab. Tangerang OJT/PKL di GMF AeroAsia Tbk selama 3 Bulan di bagian Hangar Pesawat Terbang (Base Maintenance) dan Workshop serta sebanyak 10 Peserta didik OJT/ PKL di AirAsia selama 3 Bulan dibagian Workshop, Warehouse dan office serta untuk uji keterampilan akan dilakukan Uji Kompetensi Kejuruan pada tingkat XII (Dua belas) bekerjasama dengan Industri Penerbangan. 


Selain itu kami memberikan pelatihan sikap kerja yang baik dimana mengutamakan keselamatan (safety first) dan pelatihan disiplin. 


Kompetensi Keahlian Airframe and Powerplant (Penerbangan) di SMKN 10 Kabupaten Tangerang telah melahirkan insan - insan Penerbangan yang juga sudah bekerja di Industri Penerbangan dan Melanjutkan Pendidikan baik dibidang Teknik Penerbangan dan lainnya.




Editor : Redaksi Cakra Banten 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama