TAMAN BACA MASYARAKAT PEDULI CIKANDE, LAHIR DARI KEPEDULIAN SEORANG RUMONDANG SIANTURI

Dok. Cakra Banten 



Awal berdirinya Taman  Baca Masyarakat (TBM) Peduli, berdasarkan panggilan hati dan kepedulian terhadap pendidikan, seorang Rumondang Sianturi (RS). 


Sebagai pendidik dan pegiat Literasi Mondang (panggilan pendeknya)  merasa prihatin saat melihat banyak anak  bermain di luar dengan cuaca yang panas  serta  tanpa  arahan dan kurang terkontrol. Terutama saat orang tua mereka sibuk bekerja,  yang mayoritas buruh pabrik. 


Atas dasar itu Ia tergerak hati dan pikiranya, untuk membuka sebuah rumah baca. Tujuannya mengembangkan minat baca serta meningkatkan kreativitas.  Melalui  menyediakan layanan minat baca masyarakat di Desa Cikande. 


Mondang  sangat mengajadi aktivitas membaca merupakan hal fundamental dalam proses belajar. Selain itu juga TBM Peduli berfungsi sebagai pendidikan nonformal yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menumbuh kembangkan minat baca serta mengembangkan berbagai potensi.


Berawal dari sebuah Rumah Baca Tiara Veritas yang sudah ada terlebih dahulu, berada  di sekolah TK Tiara Veritas Cikande Blok G3 A no 10-11 Senopati Cikande. Kehadiran rumah baca ini disambut  baik oleh warga masyarakat setempat.



Sebagai  pemerhati pendidikan anak usia dini, Rumondang  selalu  memperhatikan dan melihat antusias masyarakat  berkunjung ke Rumah Baca Tiara Veritas .Terkadang anak-anak yang hadir harus berjalan kaki dan panas-panasan untuk hadir di rumah baca. Karena jarak/ lokasi dengan rumah mereka  lumayan  jauh serta berada di  lingkungan RT yang berbeda .


Kondisi tersebut, justru  memotivasi  membuka cakrawala Romondang , bagaimana cara untuk memperluas dan memberikan solusi agar anak-anak lebih aman dan  akan lebih sering datang belajar ketika jaraknya sudah dekat dengan lingkungan rumah mereka. 


Berkat kerjasama dan sinergitas  dengan Universitas Pelita Harapan (UPH) Ia sepakat Rumah Baca Tiara Veritas  dikembangkan dengan cara  membuka 5 (lima) pojok baca yang tersebar di berbagai lingkungan RT yang ada di Perumahan Senopati. Salah satunya adalah Pojok Baca 3 (Tiga) Tiara Veritas yang berlokasi di Perumahan Senopati Estate Blok E2 No. 16 RT. 11 RW. 12 Cikande.


Awalnya Pojok Baca ini sebuah rumah kosong,  yang menurut  pikiran Rumondang  akan lebih baik jika dimanfaatkan. Akhirnya rumah tersebut  didedikasikan oleh ibu Rumondang Sianturi sebagai pemiliknya sekaligus pengelolanya. 


Rumah tersebut dimaksudkan untuk dapat dipergunakan oleh warga masyarakat sebagai tempat menggiatkan Literasi dan melaksanakan berbagai kegiatan positif. Adapun rumah tersebut berukuran 60 m² yang bangunannya masih asli. Masih bisa dikembangkan, karena ada lahan kosong.


Pojok baca ini disuport oleh UPH, antara lain dengan bantuan dua buah meja kecil, rak buku, kipas angin dan buku cerita anak.  Secara bertahap Romondang sebagai pemilik terus berupaya memperbaiki dan melengkapi jumlah buku-buku. Bangunan sederhana itupun mulai   diperbaiki  terasnya , supaya anak-anak bisa lebih leluasa saat berada di Pojok baca. 


Akhirnya setelah mulai berjalan dan dengan berbagai pertimbangan pojok baca tersebut dirubah nama nya menjadi TBM "PEDULI" dan  diresmikan pada tanggal 27 Desember 2021,
Dengan harapan TBM ini akan lebih peduli dengan peningkatan mutu pendidikan warga sekitar. Karena jika mutu pendidikannya meningkat maka ke depan diharapkan  kesejahteraan warganya juga akan meningkat. Melalui peningkatan wawasan, diharapkan pola pikir masyarakat  bisa berubah ke arah yang lebih baik .


Menurutnya, dengan rajin membaca buku akan membuka pola pikir serta dapat mengetahui apa yang terjadi di dunia luar. Bahkan para orang tua yang kurang mampu membuat anak-anak nya untuk kursus di luar, anak-anak boleh hadir di TBM untuk belajar.


Walaupun dalam keterbatasan dan kesederhanaan berbagai kegiatan sudah dilaksanakan  di TBM Peduli seperti story telling, mewarnai, membaca nyaring, juga bimbingan belajar yang dilaksanakan bekerjasama  dengan  mahasiswa UPH.  Kurang lebih 10-20 anak setiap hari sepulang sekolah, mereka akan berkunjung  ke TBM PeduliI. Semua kegiatan ditempat ini tidak dipungut biaya alias gratis


TBM ini juga dibantu dua orang karyawan serta orang tua yang  kadang ikut hadir.  Namun jika ada event tertentu  di hari Sabtu atau Minggu anak anak bisa mencapai  50 - 60 orang 


“Tidak banyak yang bisa kami berikan, namun kami berharap kedepan akan banyak orang yang mau ambil bagian di TBM  Peduli ini. Sehingga bisa kami  benahi  dan tingkatkan lagi  supaya lebih bagus” tandasnya. 


Melalui Cakra Banten, TBM Peduli yang beralamat di Perumahan Senopati Estate Blok E 2 No. 16 Cikande-Serang, berharap ada bantuan dari pemerintah terkait  terutama yang peduli terhadap  pendidikan. Baik  berupa dana, atau barang, sarana prasarana yang sangat dibutuhkan. Adapun  CP yang bisa dihubungi Nomor HP : 081321056534.





Penulis : Edi Kusmaya 
Editor : Redaksi Cakra Banten 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama