Cerpen : SUPER HERO DARI KAMPUNG NAMMRAK



Oleh : Maman Abdurahman


CAKRA Banten,- Reno menjadi sangat disegani dan ditakuti para perampok dan orang-orang jahat di kampungnya. Termasuk oleh teman-teman satu perguruan silatnya. Karena kesaktiannya Reno 14 Th, yang masih duduk di SMP, bisa mengalahkan segerombolan perampok - yang ingin menggasak rumah Suciyanti Gadis cantik yg sedang di taksirnya, Bunga di kampung Nammrak.


Reno, dengan kahlian bela dirinya - juga bisa mengalahkan semua teman-temanya yang senior pun. Semua bisa dikalahkan dengan Jurus sakti mandragunanya. Kemampuan dipelajari dari buku perpustakaan keliling, yang datang setiap hari Jumat ke kampung nya. Sehingga teman-teman satu perguruan silatnya juga para jawara dan para perampok tak diberiapun dihajar habis oleh Reno Sendirian.


Sehingga akhirnya para penjahat-penjahat itu mencari tau dengan siapa Reno berguru? Kok bisa bisa mengalahkan jawara- jawara kampung Nampmrak. Ternyata cuma itu Reno pelajari bukan dari guru sakti juga bukan dari kesaktian nya. Semua dipelajari dari buku bacaan tentang jurus percaya diri
Semu mencoba mencari buku itu, bisa beli dimana? Bisa di dapatkan dimana? Sebenarnya apa yg di pelajari Reno dari buku itu ? Seperti nya semua ingin mencari buku itu, tapi buku itu sulit didapat, sudah tidak ada lagi di toko buku. Karena sulit mendapatkannya, akhirnya ada yang yang ingin mencuri nya dari tangan Reno.


Tentu saja Reno tak membiarkan buku saktinya di curi oleh orang lain. Suciyanti gadis idaman Reno, ternyata anak ketua Genk perampok. Bapaknya Suciyanti menyuruh Suciyanti untuk mendekati Reno dan mengambil buku tersebut
Alangkah terkejutnya mereka semua, setelah tau dari Suciyanti buku yang dibaca dan dipelajari Reno selama ini, hanya buku bacaan biasa - yg isinya bukan jurus silat juga bukan buku gerakan gerakan rahasia Reno. Hanya membaca buku tentang "Jurus Percaya diri" yang didapatkan pinjaman dari perpustakaan keliling itu.


Bocah cerdas itu memang pada dasarnya sudah pinter, ilmu bela dirinya didapat dari perguruan silat Mega Putih sejak 5 Tahun. Gurunya menurut Reno sangat sakti kuga sangat percaya diri. Reno memanggil Abah Abie. 


Abah Abie walau tidak seberapa tinggi dan wajahnya tidak seberapa Kasep, ternyata mepunyai tiga orang istri cantik-cantik. Bahkan sudah punya anak gadis cantik, berkerudung (berhijab) namanya Neng Wulan. Kata Si Abah mau dijodohkan. "Reno boleh menjadi pacarnya neng Wulan, anak Abah kalau Reno bisa mengalahkan jurus baru Abah bernama Katak Menangkap belut" begitu kata si Abah pada Reno.


Abah tidak tau, Reno dari kecil sukanya menangkap belut di sawah buat makan Si Ambu. Kalau cuma jurus katak menangkap belut saja, kecil buat Reno. Abah harusnya menciptakan jurus jurus silat yg lebih cangih bah seperti Jurus ngeles waktu di desak teman untuk mentraktir pas ulang tahun he he he. Atau jurus ngeles para pejabat yg korupsi pas dipersidanganan itu baru banyak yg mau pelajari abah haaa …!


Apa lagi Abah sampai mentaruhkan anak gadisnya yang cantik, Neng Wulan dengan jurus ini yah dengan mudahnya Reno mengalahkan jurus Abah. Akhirnya dengan mudahnya Neng Wulan di dapatkannya.
“Tapi Reno suda ada Suciyanti dan Reno kan Masi kecil masi SMP - masa punya pacar dua? Ngak bagus ah emang mau mengalahkan si Abah Abie yang punya istri tiga”, kata si Ambu itu tidak boleh di tiru, kalau sudah punya ilmunya di bolehkan, karena dengan punya istri lebih dari satu harus juga bisa berbagi kasih sayang juga rezekinya pastinya itu nga apa-apa. 


Mungkin Abah sudah punya ilmunya mempunyai 3 istri yang disayangi secara merata dll. Lah kalau Reno makan aja masi di rumah, jajan aja masi minta sama ibu, mending Reno focus ke pencak silat saja deh. 


Apa lagi sebentar lagi akan ada turnamen pertandingan antar kampung dan itu akan mendapatkan hadiah besar berupa uang. Reno harus berlatih tekun untuk ini, pertandingan antar kampung itu supaya dapat hadiah uang besar biar bisa membantu si Ambu yg sudah tidak punya pemasukan. Karena Bapa Reno sudah tidak pernah mengirimkan uang dari kota, semenjak dipecat sama bosnya dan masi cari kerja di kota.


Ini waktunya Reno membantu si Ambu, mencari duit tanpa mengorbankan sekolahnya dengan memenangkan turnamen pencak silat antar kampung, yang diadakan perguruan silatnya di padepokan pencak silat Mega Putih dikampung Namrak.


Abah Abie juga sudah memberi tau Reno, bahwasanya saingan dan lawan yg akan di hadapinya berat-berat. Mereka dari padepokan perguruan silat yg bagus-bagus dan selalu menjadi juara di setiap pertandingan serta sangat Percaya diri seperti Reno. Kata Abah percaya diri saja tidak cukup, untuk mengalahkan jagoan-jagoan pencak silat dari kampung kampung lain. Reno harus rajin berlatih keras karena lawan tangguh-tangguh .
Akankah Reno yg hanya anak kampung Masi SMP bisa mengalahkan para lawan lawan yg tangguh?


Akankah Reno bisa mendapatkan uang untuk meringankan beban ayahnya membahagiakan orang tuanya?
Haruskan Reno berubah menjadi super hero ? Karena dengan menjadi super hero akan menjadi super percaya diri. Itu yg lebih penting menjadi super hero, untuk diri sendiri Reno menjadi berani itu yang pastinya akan diterapkan Reno untuk menghadapi musuh musuhnya di turnamen pertandingan pencak silat antar kampung Minggu depan. (bersambung) he he he …!



Editor : Edi Kusmaya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama