Memperkenalkan ; "Tools Creative Coaching Points Of You"



Oleh : Umar Khayam 
(Praktisi Pendidikan, tinggal di Kabupaten Tangerang) 


CAKRA Banten,- Masa Depan Creative Coaching “Kekuatan alat dan produk kreatif untuk menciptakan terobosan, menarik klien, dan mengubah bisnis pelatihan Anda.”


Alat dan teknik kreatif apa yang Anda gunakan untuk membuat pekerjaan yang Anda lakukan agar di ingat sebagai kenangan? Hasil apa yang mungkin diperoleh ketika Anda memperkenalkan sudut pandang baru ke dalam pekerjaan Anda? Bagaimana Anda "memecahkan kebekuan", keluar dari kebiasaan, mengubah perspektif dan menciptakan aha momen? Penjelasan ini, membahas tips alat pembinaan dan proses kreatif untuk membantu Anda menjadi pelatih yang lebih baik.


Kreativitas paling sering melibatkan penggabungan konsep dan ide dari satu domain dengan ide dari domain lain untuk menciptakan solusi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Salah satu cara ampuh untuk melakukan ini adalah menggunakan gambar dan kata-kata untuk merangsang pikiran dan hati kita dengan wawasan atau kesadaran baru saat kita fokus pada masalah atau topik. Kita dapat memanfaatkan proses otak kanan kita dan menggabungkannya dengan pemikiran otak kiri analitis untuk mengembangkan pilihan baru bagi diri kita sendiri dan organisasi kita.


Efrat Shani dan Yaron Golan telah menciptakan serangkaian alat di bawah organisasi mereka, Points of You, yang sangat baik untuk membantu melatih klien dan orang lain untuk memanfaatkan kreativitas dan intuisi yang melekat melalui bermain game menggunakan foto, kata-kata, pertanyaan, dan cerita. Dibuat lebih dari 10 tahun yang lalu, Points of You telah menjadi gerakan global pengguna dan pelatih bersertifikat dengan aplikasi untuk pembinaan, bisnis, pembangunan tim, psikoterapi, dan konseling.


APA ITU POINTS OF YOU?

Saat ini ada tiga alat utama dalam sistem Points of You.

The Coaching Game adalah alat pertama yang dibuat oleh Efrat Shani dan Yaron Golan, dirilis pada 2007, yang mencakup 65 kartu foto inspirasional dengan karya atau frasa pendek, buku pendamping dengan cerita terkait, dan peta proses dengan permainan yang direkomendasikan. Ada juga Punctum yang merupakan seperangkat 33 kartu foto, 33 kartu tema dengan tema kehidupan satu kata, dan 33 kartu soal. Game terbaru yang dirilis pada tahun 2017 adalah Faces, yaitu kumpulan 99 kartu dengan gambar wajah orang yang mewakili keragaman penuh umat manusia dalam hal ras, jenis kelamin, usia, dan budaya. Juga termasuk kartu refleksi dengan kata kunci, dan kartu cermin nyata, dan peta proses dengan permainan yang direkomendasikan.


Selain alat, ada komunitas pengguna online global yang berbagi cerita dan permainan yang menginspirasi pengguna dengan aplikasi yang benar-benar tak terbatas.


BAGAIMANA SAYA BISA MENGGUNAKANNYA?


Saya pribadi menemukan Points of You berguna di hampir semua situasi termasuk bekerja dengan individu dan kelompok. Selain pembinaan, profesi lain seperti psikologi dan konseling telah menggunakan alat dengan pasien mereka untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam dan pelepasan emosional.


Meskipun alat dilengkapi dengan game yang direkomendasikan untuk dimainkan, Anda juga dapat membuat game dan lokakarya Anda sendiri. Sebelum menggunakan kartu, sangat disarankan agar Anda "Jeda" terlebih dahulu, termasuk meluangkan beberapa menit untuk memberikan refleksi yang tenang dan ruang untuk relaksasi dan kejelasan. Jeda adalah istirahat dari rutinitas kita yang biasa untuk memungkinkan kita mengarahkan fokus kita ke dalam untuk terhubung dengan diri kita sendiri. Jeda mempersiapkan kita untuk menjelajah menggunakan alat dengan lebih fokus dan jelas.


Pendekatan untuk menggunakan kartu termasuk mengingat pertanyaan atau topik tertentu yang ingin Anda jelajahi. Ini mungkin tantangan, keputusan, masalah, peluang, atau hubungan di mana Anda ingin mendapatkan wawasan yang lebih dalam atau solusi kreatif baru.


Anda salah satu menyebarkan kartu di depan Anda menghadap ke atas (terbuka) atau menghadap ke bawah (tertutup). Anda kemudian memilih kartu dari dek. Anda dapat menggunakan gambar dan kata-kata untuk merefleksikan jawaban atas pertanyaan kunci Anda. Peta proses dalam kit permainan memberikan instruksi khusus dengan pertanyaan untuk melihat hubungan, kesadaran akan topik tertentu, masalah keuntungan dan kerugian, dan masa lalu, sekarang, dan masa depan.


APLIKASI UNTUK PELATIHAN


Alat ini efektif untuk berbagai tujuan individu dan organisasi termasuk namun tidak terbatas pada pembinaan kehidupan, pembinaan eksekutif, pembinaan kepemimpinan, pembangunan tim, pembinaan tim, pendidikan, manajemen karir, dan perencanaan strategis. Pada dasarnya, alat ini menyediakan cara unik untuk memanfaatkan pemikiran dan intuisi otak kanan yang mengungkapkan kebijaksanaan dan wawasan bawah sadar, mengenai hampir semua topik atau pertanyaan.


Alat dan aplikasi didasarkan pada metode empat tahap “Jeda, Perluas, Fokus, dan Melakukan”, yang dijelaskan di bawah ini.


Misalnya, dalam bekerja dengan individu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang hubungan tertentu, Anda dapat memulai dengan pertanyaan seperti, "apa yang berhasil dalam hubungan itu?" klien mengambil kartu dari dek (menghadap ke atas atau ke bawah) dan kemudian melihat gambar dan/atau kata-kata di kartu dengan intens.


Klien kemudian mulai membuat asosiasi dengan gambar ke hubungan. Saya selalu kagum bagaimana menghubungkan secara visual dengan kartu merangsang pemikiran baru dan Seringkali emosi dalam diri klien.


Selanjutnya, Anda dapat mengajukan pertanyaan, "apa yang tidak berhasil dalam hubungan?" Klien menarik kartu lain dan mengulangi proses refleksi. Pelatih dapat membimbing individu dengan mengajukan pertanyaan tambahan untuk masuk lebih dalam Alat-alat tersebut memberikan cara unik untuk memanfaatkan pemikiran dan intuisi otak kanan yang mengungkapkan kebijaksanaan dan wawasan bawah sadar mengenai hampir semua topik atau pertanyaan ke dalam situasi. Gambar-gambar tersebut dapat menjadi landasan untuk seluruh sesi pelatihan yang berfokus pada dinamika relevan yang muncul saat memeriksa kartu.


Kartu melewati perlawanan logis, otak kiri kita dan membuka kesadaran yang lebih dalam akan wawasan dan emosi. Kesadaran ini memberikan jalan baru untuk solusi kreatif baik untuk tantangan dan tujuan profesional maupun pribadi.


Points Of You Method :
PAUSE, BREAKING YANG MENAKJUBKAN


Menjeda semua membuat kita menggeser frekuensi batin kita dari frekuensi sehari-hari yang selalu sibuk ke frekuensi yang lebih tenang, memungkinkan kita untuk melihat lebih dalam, dan membebaskan diri dari reaksi dan tindakan otomatis kita.


EXPAND, TITIK PANDANGAN YANG TIDAK TERHITUNG


Kami mencari yang tidak diketahui, tidak tahu ke mana itu akan membawa kami. Kami mengizinkan peralihan dari zona nyaman kami yang sudah dikenal— ke dunia peluang baru, wawasan, dan momen WOW.


FOCUS, PILIHAN SADAR


Kami fokus pada wawasan kami yang paling signifikan Kami menggunakan pertanyaan panduan untuk mengklarifikasi dan menentukan dengan tepat dimana dari kemungkinan yang baru terungkap yang tepat untuk perjalanan atau untuk masalah yang dihadapi.


DOING, BUAT KENYATAAN BARU


Kami maju dari pikiran ke tindakan. Kami menyusun rencana aksi atau To-Do List yang menguraikan langkah-langkah penting dan menetapkan jadwal untuk mewujudkan wawasan penting.


BAGAIMANA CARA MEMULAI

Untungnya, yang benar-benar Anda butuhkan untuk memulai adalah salah satu dari tiga dek/kit kartu. Saya sarankan Anda Mulai dengan Coaching Game atau Punctum. TIDAK diperlukan pelatihan sebelumnya untuk Mulai menggunakan alat. Kit dilengkapi dengan peta proses yang dapat Anda paparkan di depan klien, yang memberikan petunjuk langkah demi langkah dan pertanyaan yang membahas skenario pelatihan umum. 

Saya menyarankan agar pelatih terlebih dahulu menggunakan permainan itu sendiri untuk melihat kekuatan alat tersebut. Bagi para pelatih dan pelatih yang ingin masuk lebih dalam, pelatih bersertifikat Points of You menawarkan lokakarya satu hari, Train the Trainer (TTT) yang memperkenalkan beberapa permainan khas. Lokakarya ini tersedia di banyak lokasi di seluruh dunia, sampai saat ini sudah lebih dari 140 negara pengguna Program Points Of You.


Jika Anda ingin lebih, Poin Of You Menawarkan Program Sertifikasi Pelatih (TCP) lima hari beberapa kali dalam setahun di berbagai lokasi di seluruh dunia. Saya secara pribadi menghadiri program TCP dan menemukannya sebagai perjalanan transformasi pribadi selain menjelajahi lebih dalam bagaimana menggunakan alat-alat tersebut.


Selain menggunakan alat, siapa pun dapat menjadi bagian dari Points Of You Tribe, yang merupakan komunitas global pengguna dan pelatih. Yang perlu Anda lakukan untuk bergabung dengan Tribe adalah membeli salah satu Alat dari situs web online. Anda kemudian menerima akses ke grup Facebook di mana Anda dapat melihat banyak aplikasi Alat dan mengajukan pertanyaan kepada pengguna dan pelatih lain.


Satu hal yang membuat saya sangat terkesan adalah kesediaan anggota Tribe untuk berbagi pengalaman dan workshop design dengan orang lain.


RINGKASAN

Alat dan metode Points of You memberikan solusi unik untuk memanfaatkan intuisi, pemikiran otak kanan, dan kreativitas. Alat terdiri dari kartu foto, kata-kata, pertanyaan, dan cerita yang dapat digunakan di hampir semua latar untuk pertumbuhan pribadi, pembinaan, pengembangan tim, terapi, bisnis, dan pelatihan. Alat tersebut segera dapat diakses oleh siapa saja, dan pelatihan lanjutan tersedia bagi pengguna yang ingin mempelajari lebih lanjut.


Sumber :
Tabloid Choice. Coaching Tools for Creativity, Change your point of view with images.

By Terry H. Hildebrandt, PhD, MCC, MCEC.

Saya selalu kagum bagaimana menghubungkan secara visual dengan kartu merangsang pemikiran baru dan seringkali emosi dalam diri klien.
Jenis Tools Points Of You
1. Points Of You Punctum
2. Points Of Yoy The Coaching Game
3. Points Of You Faces
Di tulis kembali oleh Umar Khayam, Sertifikasi Points Of You : Explorer (L1 2020), Fasilitator di Points Of You mulai 2021, dan Practitioner (L2) sedang berlangsung. HP. 0815.4557.3769.


Riwat Penulis :


Umar Khayam, kelahiran Jakarta, 13 Desember 1968, Terlahir menjadi anak ke 3 dari 6 bersaudara dari pernikahan R. Abu Bakar Safie dan Harsini, Menempuh tingkat SD, SMP, SMU serta kuliah di Kota Situbondo, Jawa Timur. Hobi nonton film, baca buku, maik gunung dan menulis, diantaranya menulis pelajaran hidup menjadi cerita pendek, quotes untuk dibukukan. Makanan vaforit nasi goreng, dan gado-gado.


Riwayat Pekerjaan ;

1992-1996 Menjadi Sekretaris Yayasna LPK Ristek Indonesia, Jakarta. 1996-2003 Menjadi Sekretaris Yayasan Budaya, Jakarta. 2003-2006 Bekerja di PT. Amythas Expert, Jakarta. 2006-2015 Bekerja di PT Inspira Counsulting. 2015-2021 Mengelola PKBM Ristek Nusantara Jaya cabang Tangerang. Sejak tahun 2020 sampai saat ini memiliki usaha keluarga di bidang Pendidikan yang bernaung di Yayasan Kesatria Cendekia Indonesia, Bekasi.

Penulis berstatus duda dengan 2 orang anak, Rahalil Raka Putra, dan Salsabila Aulia Putri.


Editor : Edi Kusmaya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama