Bagaimana Menggunakan “Setan Genggam” Secara Bijak

Oleh : Calya Ashadewi F.S
(Siswi SMK PGRI 31 Legok Tangerang Banten 10 MPLB 1)


Tangerang, cakrabanten.co.id,- Tak jauh dari Handphone. Handphone (Hp) adalah sebuah alat untuk mempermudah kita semua untuk berkomunikasi. Selain itu Hpjuga biasa disebut dengan Smartphone (Telepon Pintar). Karena dengan adanya Handphone bisa mempermudah kita semua untuk mencari informasi yang lebih luas. Hp juga memudahkan kita untuk belajar jarak jauh. Selain itu juga dapat sebagai media hiburan bagi kita semua.


Banyak hal positive yang bisa kita ambil atau kita gunakan dalam penggunaan Handphone. Contohnya sebagai sarana mempromosikan jualan/dagangan kita ke social media, agar peminat atau pembeli tertarik untuk membeli. Selain kita bisa membuat konten yang bermanfaat untuk orang lain.


Smartphone juga merupakan alat penunjang dalam kehidupan kita, sebagai alat komunikasi, media hiburan, alat foto, bahkan perekam video. Banyaknya kegunaan smartphone pada saat ini mempengaruhi pola hidup Masyarakat dalam menggunakan smartphone, bahkan sampai merasa tergantung terhadap smartphone.


Namun selain sisi positif juga tidak sedikit sisi negatifnya. Ibaratya Smartphone bisa diibaratkan pedang bermata dua. Bisa bermanfaat juga memberikan dampak negative. 


Sisi negative Hp pun tak jauh banyak, hp biasa disebut dengan “setan genggam”. Mengapa disebut dengan “setan genggam”? karena dengan adanya Hp bisa membuat kita semua lupa akan segala kewajiban.


Kita semua jadi lupa waktu karena terus-menerus memainkanya. Selain membuat kita tidak fokus dalam belajar dan bermalas-malasan dalam belajar/menuntut ilmu. Telepon pintar itupun juga dapat berpengaruh buruk pada anak-anak remaja, seperti digunakan untuk menonton hal-hal yang seharusnya tidak pantas untuk mereka lihat. Bisa juga memvideokan hal-hal yang tidak baik, contohnnya pembullyan dan lain sebagainya hanya untuk merasa keren-kerenan.


Hp bisa membuat kita jadi kecanduan dan lupa atau kurangnya interaksi social dikehidupan nyata. Penggunaan smartphone secara tidak tepat, dapat menyebabkan prestasi akademik menurun, dan membuat kurang berempati dengan lingkungan sekitar.


Risiko penyalahgunaan smartphone pundapat menggangu kesehatan mengurangi daya tangkap otak dan daya ingat, terakhir juga dapat menimbulkan kecurangan dalam mengerjakan ujian di Hp.


Persoalannya, kita harus bijak menggunakannya. Bisa memilah dan mememilih mana hal yang baik mana aspek yang kurang baik. 


Berikut ini adalah tips yang dapat kita terapkan agar bisa lebih bijak dalam menggunakan Handphone dan terhindar dari risiko kecanduan, di antaranya:


1. Hindari penggunaan gadget saat sedang berjalan atau berkendara
Jangan menggunakan gadget saat sedang berjalan, apalagi saat mengoperasikan kendaraan bermotor. Hal ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tepikan kendaraan dan berhentilah sejenak jika Anda merasa ada notifikasi penting.


2. Atur dan batasi waktu penggunaan Hp
Untuk mencegah kecanduan, kita bisa membatasi penggunaan hp, misalnya maksimal dua atau tiga jam sehari. Jika terpaksa kita untuk menggunakan hp, maka cobalah cari aktivitas lain yang tidak mengunakan gadget setelah selesai belajar atau bekerja.


3. Jangan menggunakan hp saat sedang bersama orang lain
Hindari penggunaan gadget ketika sedang bersama orang lain, seperti saat makan bersama atau saat acara keluarga. Utamakan bentuk komunikasi secara langsung agar kita dan keluarga dapat menikmati kebersamaan dan tetap menjalin kedekatan. Termasuk ketika guru kita tidak boleh menggunakannya. 


4. Tentukan area bebas hp
Menentukan area bebas gadget bisa mencegah kecanduan. Anda bisa membuat peraturan sendiri, misalnya tidak menggunakan gadget ketika berada di kamar mandi, dapur, atau kamar tidur.


Selain itu, kita juga bisa mengganti waktu penggunaan hp dengan aktivitas yang lebih sehat, misalnya berolahraga atau membaca buku. Hindari pula bermain hp ketika akan tidur.


Tips-tips di atas juga dapat diterapkan kepada anak-anak di rumah agar kebiasaan ini tidak mengganggu aktivitas belajar dan prestasi akademiknya.


Untuk mengurangi dan menghentikan kecanduan hp, memang diperlukan kedisiplinan. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri kita serta orang lain.


Apabila kita masih juga sulit terlepas dari ketergantungan pada hp, terutama jika hal ini sudah menimbulkan kesulitan dalam menjalani aktivitas belajar atau pekerjaan sehari-hari, sebaiknya kita berkonsultasi ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan bantuan.


*Karya ini merupakan salah satu praktek keterampilan menulis mata pelajaran informatika


Catata Redaksi :
Calya Ashadewi Firjatullah. S
Sekarang duduk di kelas 10 MPLB 1 SMK PGRI 31 Legok, Tangerang Banten. 
 

Prestasi menulis; Sebagai Juara Unggulan Finalis 25 terbaik Lomba Menulis Cerpen Remaja Tingkat Nasional 2023 yang di gelar oleh Duta Baca Indonesia Gol A gong,Rumah Dunia dan Zetizen Banten, 30 Desember 2023


Editor : Cakra Banten

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama