Virus Kesalehan Sosial Kebudayaan, Menular di SMKN 1 Kota Serang

Penampilan SMKN 1 Kota Serang


Oleh : Rochaendi 
(Penggiat Seni Budaya Pandeglang)



cakrabanten.co.id,- Kesenian sebagai salah satu produk kebudayaan yang paling mencirikan suatu kelompok penganutnya, dapat menjadi pembeda keberadaan kelompok atau komunal masyarakat tersebut.


Kesenian juga diartikan sebagai kreativitas stilasi dan distorsi laku keseharian,  daya berfungsi praktis atau dapat diartikan upaya peng-indahan dari tingkah keseharian masyarakat dalam menjaga kelangsungan kehidupannya. 


Seni juga difahami sebagai simbol keindahan dari pelakunya. Maka bila kelompok pelaku melakukannya, dapat diartikan dalam komunal itu ada rasa keindahan, kesantunan, keberadadaban dan tentunya kesalehan sosial kebudayaan.


Jum'at 26 Januari 2024, Gedung Juang 45 Kota Serang menjadi saksi bisu aktifitas suatu kelompok manusia yang memiliki kesalehan budaya melalui kreativitasnya dalam berkesenian. Hampir 100 orang penampil, dan lebih dari 500 orang berkumpul membentuk ruang budaya dalam atmosphere kesenian yang membahagiakan secara bersama. Di sana berjenis elemen membahagia secara bersama; murid, guru, orang tua siswa, penonton, panitia, pedagang dan lainnya, bahkan yang cuma mampir karena melihat kerumunan.



Ya... SMKN 1 Kota Serang telah membuktikan, bahwa mereka berhasil menebar kesalehan sosial kepada civitas akademikanya, melalui seni dan budaya. Mereka merekrut dan memanfaatkan kreativitas anak-anak didiknya. 


Kepala Sekolahnya Maksudi Zen Mutaqin, menyadari; bahwa sekompleks apapun aktivitas pendidikan dan pengajaran  menuju tercapaianya visi misi sekolah serta tujuan pendidikan nasional,  muaranya adalah membentuk manusia yang memiliki kesalehan sosial. 


Karena dari sana pembuktikan kesadaran diri sebagai mahluk sosial yang memerlukan kebersamaan sesama manusia, saling menghargai keberagaman, saling apresiasi kekaryaan, saling junjung keluhuran budi, saling bantu kelemahan orang, saling tiru kelebihan orang, saling tonton kinarya orang, saling hadiri undangan pertunjukkan orang, dan lain-lainnya yang semua menebar aura positif. Walau tidak disebutkan semua, kata-kata dalam koma tadi adalah bukti kesalehan sosial yang telah nyata dilakukan SMKN 1 Kota Serang, melalui kegiatan RAMPES  atau Ramuan Pentas Seni SMKN 1 Kota Serang dalam Event Rabégan ke 14 Paguyuban Pasundan Wilayah Banten.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama