Peran IGTK Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Usia Dini

Rapat Pengurus Baru Ikatan Guru TK (IGTK) Kab. Tangerang.



Kabupaten Tangerang, cakrabanten.co.id,-Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan potensi anak sejak dini. Dalam upaya meningkatkan kualitas PAUD di Kabupaten Tangerang, peran Ikatan Guru TK (IGTK) Kabupaten Tangerang menjadi sangat signifikan. 


IGTK hadir sebagai wadah bagi para guru TK untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan mengembangkan diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pendidik.


Pada tanggal 6 Februari 2024, di Warung Pasundan, Kawasan Pemda Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, IGTK Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Rapat Anggota Baru yang dihadiri oleh para pengurus IGTK dan berbagai stakeholder terkait. Rapat ini tidak hanya sebagai forum untuk menerima anggota baru, tetapi juga sebagai momen penting dalam merumuskan program kerja yang akan dilakukan oleh IGTK untuk memajukan pendidikan anak usia dini di wilayah Kabupaten Tangerang.


Dalam rapat tersebut, tergambar jelas peran IGTK Kabupaten Tangerang dalam memajukan pendidikan dan menghidupkan organisasi guru TK. Ketua IGTK Kabupaten Tangerang, Eulis Aan Rodiantini, M.Pd, Wakil Ketua IGTK, Mujayanah, S.Pd, dan Sekretaris IGTK, Dian, S.Pd, menyoroti berbagai program kerja yang akan dilaksanakan dalam waktu mendatang. Salah satu fokus utama adalah kerjasama dengan Tabloid Pendidikan CAKRA Banten.


Kerjasama antara IGTK Kabupaten Tangerang dan Tabloid Pendidikan CAKRA Banten, yang dihadiri oleh Pimpinan Perusahaan Tabloid Pendidikan CAKRA Banten, Endang Supriatna, S.Pd, MM, bertujuan untuk memberdayakan organisasi guru TK melalui berbagai program dan kegiatan yang mendukung peningkatan kompetensi dan kualitas pendidikan anak usia dini.


Dalam kerjasama ini, IGTK Kabupaten Tangerang berkomitmen untuk menyediakan platform bagi para guru TK dalam mendapatkan informasi terkini, bertukar ide, dan mengembangkan kreativitas dalam proses pembelajaran anak usia dini. 


Sementara itu, Tabloid Pendidikan CAKRA Banten akan memberikan dukungan berupa artikel, workshop, seminar, dan berbagai konten edukatif lainnya yang dapat membantu meningkatkan profesionalisme dan mutu pendidikan guru TK di Kabupaten Tangerang.


Kerjasama ini tidak hanya berfokus pada pengembangan individu, tetapi juga pada pemberdayaan organisasi. Melalui sinergi antara IGTK Kabupaten Tangerang dan Tabloid Pendidikan CAKRA Banten, diharapkan tercipta lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan organisasi guru TK, serta meningkatkan peran serta mereka dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi anak usia dini di Kabupaten Tangerang.


Dengan demikian, kerjasama antara IGTK Kabupaten Tangerang dan Tabloid Pendidikan CAKRA Banten menjadi momentum penting dalam menjalankan misi bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Tangerang, serta menghidupkan semangat dan peran organisasi guru TK dalam proses tersebut.


Pengurus IGTK Kab. Tangerang berfoto bersama Pemimpin Perusahaan Tabloid CAKRA Banten.


Pentingnya Media Massa Dalam Kemajuan Dunia Pendidikan:


Ketua IGTK Kab. Tangerang, EuLis Aan Rodiantini,M.Pd, dalam sambutan pada giat Rapat Pengurus Baru IGTK mengatakan, media massa memainkan peran yang sangat penting dalam kemajuan dunia pendidikan dengan menyediakan akses luas terhadap informasi, pengetahuan, dan pendidikan. 


Berikut beberapa alasan mengapa media massa penting dalam kemajuan dunia pendidikan:

Eulis juga menambahkan, media massa, seperti surat kabar, televisi, radio, dan internet, memberikan akses mudah terhadap informasi pendidikan bagi masyarakat secara luas. Ini memungkinkan pendidikan menjadi lebih terjangkau dan dapat diakses oleh banyak orang di berbagai lapisan masyarakat.


Menurut Eulis, M.Pd, melalui berbagai platform media massa, pengetahuan dan ide-ide baru dalam bidang pendidikan dapat dengan cepat disebarkan ke berbagai wilayah, bahkan di daerah terpencil sekalipun. Hal ini membantu dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan dan memotivasi masyarakat untuk terlibat dalam pembelajaran.


Sementara Wakil Ketua IGTK Kab. Tangerang, Mujayanah, S.Pd, dalam kesempatan yang sama mengatakan, peran media massa sejatinya tidak hanya menyediakan informasi, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengedukasi massal melalui program-program pendidikan, dokumenter, dan diskusi yang disiarkan secara luas. Ini membantu dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang isu-isu pendidikan dan memberikan pandangan yang lebih luas tentang berbagai topik pendidikan.


Sementara Sekretaris IGTK Kab. Tangerang, Dian, S.Pd beranggapan, bahwa media massa juga memainkan peran penting dalam mendukung inovasi pendidikan dengan memberikan platform bagi para pendidik dan ahli pendidikan untuk berbagi ide, praktik terbaik, dan penemuan terbaru dalam bidang pendidikan. Ini membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.


Sedangkan Endang Supriatna, S.Pd.MM, selaku Pimpinan Perusahaan Tabloid Pendidikan CAKRA Banten menyampaikan, melalui kerjasama dalam pemenuhan instrumen media pendidikan, termasuk tabloid atau majalah mendidikan, dapat memberikan informasi dan tips kepada orang tua tentang cara terbaik untuk mendidik anak usia dini. Hal ini membantu orang tua dalam memahami perkembangan anak mereka dan memberikan dukungan yang tepat dalam proses pendidikan mereka.


Ditambahkan Endang Supriatna, yang merupakan mantan Ketua Ikatan Pengawas (IPI Provinsi Banten) selam dua periode tersebut, tabloid pendidikan dapat menyajikan materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini, seperti aktivitas bermain yang mendukung perkembangan motorik halus dan kasar, stimulasi sensorik, serta pengenalan awal konsep-konsep akademis.


Endang Supriatna juga menjelaskan, melalui cerita, gambar, dan aktivitas yang disajikan dalam tabloid pendidikan, anak-anak dapat diperkenalkan pada nilai-nilai positif seperti kerjasama, keberanian, dan kejujuran sejak dini. Hal ini membantu dalam membentuk karakter anak-anak secara positif.


Lebih jelas, sosok Guru Seni dan Budaya yang kerap tampil dalam sejumlah ivent besar Dinas Pendidikan dan gelaran pentas Kebudayaan Kabupaten Tangerang tersebut memaparkan,tabloid pendidikan dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung pembelajaran berbasis keluarga dengan melibatkan orang tua dalam aktivitas pendidikan anak mereka. Ini membantu memperkuat hubungan antara orang tua dan anak serta meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak.


Dengan demikian, tegas Endang, media massa, termasuk tabloid pendidikan, memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan dunia pendidikan secara keseluruhan, termasuk pendidikan anak usia dini. Dengan menyediakan akses terhadap informasi, pengetahuan, dan sumber daya pendidikan, media massa dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan optimal anak-anak dan meningkatkan kualitas pendidikan secara luas. (Awn)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama