Latihan Menulis Artikel Ilmiah Populer Melalui Conten Berbasis Hobby



Oleh : Drs. Edi Kusmaya, MP.d 

(Pimred Cakra Banten)



cakrabanten.co.id, Tangerang,- Banyak cara yang bisa dilakukan berlatih menulis, khususnya untuk siswa. Salah satunya melalui pembuatan conten berbasis hobby. 



Pelajaran menulis di sekolah, biasanya terintegrasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Secara khusus tidak ada materi yang memfokusnya dalam melatih siswa agar mengusai wawasan dan keterampilan menulis.



Apalagi keterampilan menulis, masih dianggap sesuatu yang kurang penting.  “Hanyalah bagian dari hobby sebagian kecil orang”. Artinya suatu keterampilan yang tidak diminati oleh siswa, mahasiswa bahkan bisa saja bagi sebagian besar guru dan dosen. 



Terlebih di era digital, dominasi tontonan semakin dahsyat. Berbagai flatform hadir memanjakan mata dan telinga kita apalagi anak-anak muda. Nyaris hari-hari masyarakat menikmati video di Facebook dengan realnya, Youtube, IG dll. 



Akibatnya minat membaca yang sebelum hadirnya medsos pun sudah kurang, kini semakin kurang. Jika tidak dilakukan upaya kreatif dari semua pihak, sudah dapat dipastikan kebiasaan membaca semakin sulit diterapkan kepada siswa. Apabila kebiasaan membaca sangat kurang, maka akan diperparah lagi kebiasaan menulis. 



Siswi kelas 10 SMK PGRI 31 Legok Tangerag Banten sedang latihan membuat conten dalam bentuk format podcast



Conten & Hobby


Pertama motivasi dan ajak siswa untuk  mencoba siswa belajar menulis, melalui pembuatan conten (video) dengan tema-tema berdasarkan hobby mereka. Kenapa Hobby dan conten ? Jawabnya sederhana, siswa akan merasa tertarik dengan menonton daripada membaca. Maka kita ajak membuat tontonan, berupa pembuatan vidio. Tema digali dari hobby. Kenapa hobby, adalah sesuatu yang membuat rasa senang. Energi yang menyenanglan tersebut, akan membantu dalam proses penggalian tema-tema conten. 



Bisa siswa dikelompokam menurut jenis hobbynya, misalnya olahraga, seni, kuliner, otomotif, kerajinan, kuliner, rohani dll. 



Biarkan mereka memilih dan merumuskan tema-tema contennya berdasarkan pilihannya sendiri. Kemudian dibuat vidionya, dengan menggunakan smart phone. Pada umumnya mereka sudah pinter, karena terbantu dengan berbagai aplikasi. 



Suasana seluruh siswa/i kelas 10 SMK PGRI 31 Legok sedang ujian praktek menulis. Supaya tidak lupa menulis manual, diwajibkan menggunakan kertas volio bergaris. Setelah dinilai, karya meraka baru diketik mengguanakan program word.



Setelah karya vidionya jadi, baru dimbingbing membuat deskripsi apa yang mereka ketahui, kuasai dalam bentuk tulisan. Vidio mereka, akan membimbing untuk mmbuat narasinya. Cara ini akan banyak membantu dalam berlatih menulis, karena karyanya sudah jadi. 



Platform youtube sudah sangat membantu, dari mulai judul, deskripsi dan kata kunci sudah disediakan sekaligus dengan tutorialnya. Secara perlahan, namun pasti sedikit demi sedikit siswa akan mulai terbantu untuk terus belajar menulis. Walaupun belum bisa menjadi keterampilan yang sebenarnya mereka butuhkan. 



Karena kemampuan menulis erat kaitannya dengan kebiasaan membaca. Mereka yang kuantitas dan kulitas membaca bagus – akan berdampak pada wawasan dan kemampuan analisisnya. Pada gilirannya akan memberikan pengaruh positif pada kemampuan memecahkan masalah, atau menjawab semua tantangan yang dihadapi. 



Selamat mencoba !

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama