Motivasi: Bertindak dengan "EMPOWERING BELIEF"

Gambar Ilustrasi



"Keyakinan Anda Menentukan Tindakan Anda, dan Tindakan Anda Menentukan Hasil Anda"



Oleh : RD Deni Padmanegara



cakrabanten.co.id,- Anda telah membuat well-formed outcome dengan baik dan mewujudkannya dengan tindakan nyata dalam kehidupan. Anda pun juga telah menyadari diri Anda dengan kelebihan-kelebihan Anda dan mengembangkannya terus menerus. Satu hal yang dapat mendukung kelancaran tindakan Anda mencapai outcome adalah keyakinan (belief).



Keyakinan adalah kondisi atau keadaan percaya dalam Anda  terhadap sesuatu pada tingkat yang tinggi. Keyakinan dapat bersifat universal dan kebenarannya dapat dibuktikan oleh siapapun.



Contohnya : matahari terbit di timur dan terbenam di barat, bumi berputar mengelilingi matahari, satu tahun terdiri dari 12 bulan dan sebagainya.



Keyakinan dalam diri manusia ada yang bersifat pribadi atau kita namakan saja keyakinan pribadi. Keyakinan ini terbentuk dari keluarga, agama, pendidikan, lingkungan pergaulan, guru, media dan lain-lain.  Keyakinan pribadi ini berisi tentang kehidupan sehari-hari yang bersifat umum seperti pekerjaan, keuangan, manusia dan hal-hal khusus seperti keyakinan dalam mencapai outcome. 



Keyakinan pribadi dapat menjadi dalam keyakinan yang memberdayakan (empowering belief ) dan keyakinan yang membatasi (limiting belief).



Berikut contoh empowering belief :


- banyak orang sukses maka saya juga bisa;

- saya memiliki kekuatan untuk mencapai outcome;

- memiliki kekayaan itu baik;

- mendapatkan uang itu mudah dengan cara tertentu;

- dan lain-lain.



Sedangkan contoh limiting belief :


- saya terlalu muda untuk sukses;

- orang kaya itu jahat, sehingga saya tidak perlu kaya;

- saya memiliki banyak kekurangan untuk sukses;

- sukses itu perlu modal besar; 

- dan lain-lain.



Anda sekarang tentu setuju bahwa keyakinan yang memberdayakanlah yang mendukung Anda mencapai outcome, sebaliknya keyakinan yang membatasi akan menghambat bahkan melakukan sabotase terhadap Anda.


Namun seringkali banyak orang tidak menyadari dalam dirinya apa saja yang menjadi empowering belief dan apa saja yang limiting belief. Semuanya terkesan berjalan secara otomatis tanpa dapat dikendalikan.



Saya yakin Anda telah mengetahui sebabnya. Anda masih ingat bahwa kesadaran manusia terdiri atas kekuatan sadar ( 12 % ) dan bawah sadar ( 88 % ). Keyakinan-keyakinan yang telah mengendap di bawah sadar akan bergerak secara otomatis. 


Apabila keyakinan itu adalah empowering belief, Anda tentu menyadari kekuatan itu semakin luar biasa mendorong Anda mencapai outcome Anda. 


Namun sebaliknya bila yang mengisi bawah sadar seseorang adalah limiting belief maka orang itu tidak menyadari ada sabotase untuk melemahkan usaha mencapai outcomenya.


 

Salah satu manfaat berkomunikasi dengan diri sendiri adalah menggali keyakinan-keyakinan yang sudah tertanam dalam diri Anda. Anda boleh melakukan langkah-langkah berikut untuk mengetahui keyakinan dalam diri Anda yang mungkin tidak Anda sadari 



"Jika anda yakin anda sukses maka aturan main kerja otak akan mengirim kan pesan ke seluruh tubuh anda dengan di tandai anda mau bergerak."



Salam Berdaya Potensi.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama