JAWARA Bersimbah Darah di MUI Kota Tangerang

Kegiatan Pelatihan JAWARA di halaman MUI Kota Tangerang 



Cakrabanten.co.id, Tangerang,- Untuk yang kedua kalinya Yayasan Silaturahmi menyelenggarakan pelatihan Jagal Warisan Umaro dan Ulama (JAWARA) penyembelihan hewan qurban sesuai syariat islam dan higienis di Aula Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, Senin (10/6/2024).



Dari pantauan Tim Cakra Banten di lokasi, terlihat peserta antusias mengikuti pelatihan JAWARA, yang mana peserta di latih langsung oleh juru sembelih profesional dan bersertifikat.



Djoko Handoko atau yang kerap di sapa Djalu selaku ketua penyelenggara mengatakan, kegiatan pelatihan Jagal Warisan Umaro dan Ulama (JAWARA) penyembelihan hewan qurban ini adalah salah satu dari program rutin di setiap menjelang hari Raya Idul Adha, yang mana sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Yayasan Silaturahmi kepada ummat.



"Karena penyembelihan hewan qurban selain harus memenuhi standar kesehatan dan juga standar keamanan yang tidak kalah pentingnya juga sesuai dengan aturan-aturan syariat," terangnya.



Peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan JAWARA di Aula MUI Kota Tangerang 



Masih Djalu, "Dalam Islam penyembelihan itu bukan hanya dilihat dari aspek kesehatan formal saja secara fisik, akan tetapi harus memenuhi peraturan dan ketentuan-ketentuan syariat," jelasnya.



Lebih lanjut Djalu juga menjelaskan, dalam muamalah (berinteraksi dengan yang lain) Islam bukan saja mengatur manusia dengan Allah, akan tetapi mengatur juga muamalah manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan termasuk didalamnya itu lingkungan pertanian dan hewan, semua diatur dalam Islam.



"Jika kalian ingin menyembelih maka gunakanlah cara yang terbaik yang meminimalisir dari menyakiti hewan tersebut. Dan Islam telah menetapkan cara-cara yang terbaik dalam penyembelihan itu sendiri, dan terus berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan," jelasnya.



Djalu juga menambahkan, kami mengapresiasi segenap elemen yang terlibat, dalam hal ini, terutama Pj Walikota Tangerang Bapak Dr. Nurdin S, Sos., M. Si, yang sudah mendukung penuh kegiatan ini. Serta Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang yang juga kembali hadir mendampingi MUI Kota Tangerang sebagai narasumber.


"Alhamdulillah pada pelatihan kali ini sebanyak 41 peserta dinyatakan lulus uji kompetensi sertifikasi profesi juru sembelih halal, dan ini kemungkinan akan bertambah karena MUI memberi kesempatan bagi peserta yang belum praktek agar segera mendaftar kembali sebelum Hari Raya Idul Adha 1445 H, untuk ikut kembali uji kelayakan yang formulasi penilaian nya menjadi kewenangan Komisi Fatwa MUI Kota Tangerang" ucapnya menutup wawancara pada kegiatan pelatihan Jagal Warisan Umaro dan Ulama (JAWARA) AK. II.


(Nobel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama